Pemkab Muaro Jambi Akan Rehab Pasar Tanjung

INFOJAMBI.COM — Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kabupaten Muaro Jambi tahun ini akan membangun satu pasar baru dan merehab tiga pasar lama.

Kepala Dinas Koperindag Muaro Jambi, Nur Sugiantoro, mengatakan, pasar baru akan dibangun di Kelurahan Tanjung, Kecamatan Kumpe. Revitalisasi tiga pasar lainnya sudah disampaikan ke Menteri Perdagangan.

Menurut Nur Sugiantoro, pembangunan pasar di Kelurahan Tanjung menghabiskan dana Rp 3 miliar. Pembangunannya ditargetkan rampung tahun ini juga.

Pembangunan pasar di Kelurahan Tanjung dinilai penting, karena pasar yang ada sekarang kondisinya sangat memprihatinkan. Pasar itu kini tidak ditempati pedagang, lantaran letaknya lebih rendah dari badan jalan.

“Saya diperintah Bupati mengecek ke Tanjung, kondisi pasarnya amat memprihatinkan. Makanya kami mengajukan tahun ini dibangun pasar baru ke Menteri Perdagangan,” kata Nur Sugiantoro.


Untuk pembangunan satu pasar dan revitalisasi tiga pasar lainnya, dipagu anggaran oleh Kementerian Keuangan sebesar Rp 4,150 miliar.

Pasar Tanjung mendapat perhatian khusus, lantaran kondisinya sangat parah dan letaknya di kecamatan paling ujung. Pasar itu bisa menampung beberapa desa dan kelurahan di Kecamatan Kumpe.

Nur Sugiantoro berharap pasar yang dibangun nanti menjadi pasar mingguan. Bahkan tidak menutup kemungkinan berubah menjadi pasar harian, karena tempatnya sangat strategis.

“Sekarang masih bersifat mingguan. Setelah ditata losnya dan kami siapkan ATM seperti di Petaling, bisa jadi pasar itu menjadi pasar harian,” jelasnya. (Muammar Syarbani — Muaro Jambi)

 

Kategori Ekonomi dan Bisnis

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.