Pemkab Muaro Jambi Hibah Tanah Untuk Pembangunan Lapas

INFOJAMBI.COM — Serah terima hibah tanah lokasi pembangunan Lapas Klas II/B dari Pemkab Muarojambi kepada Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Jambi, Rabu (3/1/2018) berjalan lancar.

Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Jambi, Bambang Palasara, berterima kasih pada Pemkab Muarojambi yang menghibahkan tanah seluas 7,5 hektar itu.

Pada lokasi yang dihibahkan Pemkab Muarojambi akan dibangun Lapas Klas II/B khusus wanita, berkapasitas mininal 500 orang.

“Sejauh ini di Provinsi Jambi belum memiliki LP Khusus Wanita, padahal telah diatur dalam UU, setiap provinsi memiliki minimal satu LP Khusus Wanita,” kata Bambang.

Saat ini narapidana dan tahanan wanita di Provinsi Jambi tercerai berai. UU mengatur bahwa napi wanita harus ditempatkan di satu tempat khusus.


“Mudah-mudahan dengan terbangunnya LP Wanita di Muarojambi, napi wanita bisa dikumpulkan untuk mempermudah pembinaan, pengamanan dan memenuhi unsur HAM,” harap Bambang.

Bambang mengungkapkan, setelah hibah tanah selesai dan anggaran pembangunannya cair, pembangunan lapas segera dilaksanakan di tahun 2018 ini juga.

“Pembangunannya bertahap. Mudah-mudahan di tahun ketiga sudah bisa ditempati, karena pembangunan lapas butuh waktu dan dana cukup banyak,” tutur Bambang.

Bupati Muarojambi, Hj Masnah Busyroh berharap dibangunnya lapas wanita di Muarojambi, pihak kemenkumhan membantu sarana dan fasilitasnya.

“Kami bukannya mendoakan lapas itu berisi atau penuh, tapi dengan ini dapat membantu lapas di Jambi yang sudah over kapasitas,” kata Bupati.

Selain hibah tanah, Kabupaten Muarojambi juga siap menyediakan SDM berkualitas untuk membantu, seandainya Kanwil Kementerian Hukum dan HAM kekurangan SDM.

Lahan seluas 7,5 hektar lebih yang akan dibangun lapas wanita ini terletak di Desa Bukit Baling, Kecamatan Sekernan, Muarojambi. (Muammar Syarbani — Muaro Jambi)

 

Kategori Lensa

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.