Pemkab Tanjabbar Gelar Upacara Hari Pahlawan

INFOJAMBI.COM — Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi, menggelar upacara Hari Pahlawan ke-72 tahun 2017, Jumat (10/11/2017), di halaman Kantor Bupati Tanjabbar.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Tanjabbar, DR Ir H Safrial MS, dengan perwira upacara Kapten Inf Husnan Efendi dan komandan upacara Lettu Inf Zulkarnaen.

Setelah pembacaan teks Pancasila oleh inspektur upacara, lanjut pembacaan teks Undang-Undang Dasar 1945 oleh Roni Fasha. Sementara pesan-pesan pahlawan dibacakan oleh staf protokoler.

Turut hadir Dandim 0419/Tanjab Letkol Arh Hary Sassono Utomo, Kapolres Tanjabbar AKBP Alfonso Doly Gelbert Sinaga, Ketua Pengadilan Negeri Achmad Peten Sili, Kajari Tanjabbar Tri Joko dan Sekda Ambok Tuo.

Para pejabat eselon II, III dan IV dilingkungan Pemkab Tanjabbar, para veteran, serta perwakilan GOW dan tamu undangan lainnya. Sementara peserta upacara terdiri dari unsur TNI, Polri, Satpol PP, ASN,Organisasi kemasyarakatan (Ormas), siswa-siswi SD, SMP, SMA, SMK.

Amanat Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa yang dibacakan Bupati Safrial mengatakan, setiap tanggal 10 November Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, agenda nasional di dalam maupun luar negeri sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.

Peringatan tersebut didasarkan pada peristiwa “Pertempuran 10 November 1945’’ di Surabaya, sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 dengan memakan korban jiwa yang sangat besar.

Melalui peringatan Hari Pahlawan 2017 sebagai bangsa yang besar, bangsa yang harus menghargai jasa para pahlwannya, Peringatan Hari Pahlawan diharapkan pula dapat lebih membangkitkan semangat kebangsaan, menumbuh-kembangkan nilai-nilai Kepahlawanan,serta meningkatkan kecintaan kepada tanah air kita dalam bingkai NKRI. Hal ini sejalan dengan Tema Hari Pahlawan 2017 yaitu ‘‘Perkokoh Persatuan Membangun Negeri”.

“Tema ini juga mengandung pesan kepada kita semua untuk bersatu dalam kebersamaan dalam persatuan untuk mewujudkan cita-cita negeri yang kita cintai ini”, ujar Bupati.

Bupati mengajak seluruh lapisan masyarakat terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, lingkungan, masyarakat maupun bagi negeri.

Usai upacara, Bupati menyerahkan santunan kepada janda-janda isteri pejuang kemerdekaan (veteran) Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Kemudian Bupati dan forkompinda ziarah di Makam Pahlawan Satria Yudha, Pengabuan, di Desa Pembengis, Bram Itam. Juga ada upacara ziarah laut (pelarungan bunga) di Pelabuhan Marina Kuala Tungkal sebagai penghormatan kepada arwah para pahlawan. (Raini — ADV)

 

Kategori Tanjung Jabung Barat

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.