Pemkab Tanjabbar Terima Penghargaan JKN- KIS

Laporan Raini

INFOJAMBI.COM – Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) mendapat penghargaan Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) 2018. Penghargaan atas Desa SwaJKN terbanyak se-Provinsi Jambi.

Penghargaan diserahkan langsung Sekda Provinsi Jambi Drs.H.M.Dianto,M.Si, bersama Deputi Direksi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Sumbagteng dan Jambi Siswandi SE, MM, yang diterima Wakil Bupati, Drs H Amir Sakib disalah satu Hotel di Kota Jambi, Senin (7/5/2018).

Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Amir Sakib mengatakan program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) merupakan kewajiban pemerintah daerah untuk memastikan seluruh penduduknya terdaftar kedalam program JKN-KIS, sesuai amanat undang-undang No. 40 tahun 2004 dan Instruksi Presiden No. 8 Tahun 2017.

“Saat ini sekitar 54,2 persen penduduk Kabupaten Tanjabbar sudah terdaftar sebagai peserta JKN dalam berbagai segmen, dan untuk mencapai UHC (Universal Healt Coverage) Class masih sekitar 131.579 penduduk lagi yang harus kami pastikan sudah terdaptar sebagai peserta JKN”, kata Wabup.

Wabup juga mengatakan, Desa SWA JKN merupakan salah satu solusi alternatif yang sedang kami kembangkan di Kabupaten Tanjabbar bekerjasama dengan BPJS Kesehatan untuk memperluas cakupan peserta JKN.

Karena melalui desa SWA JKN ini masyarakat yang mampu, tetapi terkendala Geografis untuk mendaftar dan membayar iuran JKN, digerakkan melalui Pemerintah Desa yang mendaftarkan secara berkelompok dengan mekanisme pembiayaan melalui KUD, BUMDES ataupun Swadaya Kelompok Desa.

“Kami dari Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat terus berupaya agar metode desa SWA JKN ini dapat dikembangkan diseluruh Desa di Wilayah Kabupaten Tanjab Barat agar pelaksanaannya lebih baik dan lebih akuntabel” tambahnya.

Sebab, melalui desa-desa SWA JKN ini, otomatis akan muncul desa-desa UHC. Dari desa-desa UHC ini akan muncul Kecamatan-Kecamatan UHC dan bermuaranya adalah di Kabupaten Tanjabbar UHC dapat segera terwujud, tegas Drs H Amir Sakib, mantan Kepala Samsat Jambi ini.

Editor Wahyu Nugroho

Kategori Tanjung Jabung Barat

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.