Pemkot Jambi Diminta Tingkatkan Sektor Perdagangan dan Jasa

PENULIS : MARIA
EDITOR : M ASRORI S

Gubernur Jambi diwakili Sekda Prov.Jambi, H M Dianto (Foto/Agus S).

INFOJAMBI.COM – Gubernur Jambi, H.Fachrori Umar, minta agar Pemerintah Kota Jambi, untuk lebih meningkatkan daya saing daerah, terutama dari sektor perdagangan dan jasa.

Pernyataan ini disampaikan dalam sambutan tertulisnya dibacakan Sekda Provinsi Jambi, H.M.Dianto, pada acara sidang paripurna DPRD Kota Jambi, dalam rangka Hari Jadi Tanah Pilih Pusako Betuah Kota Jambi ke-618 dan HUT Pemerintah Kota Jambi ke-73 tahun 2019, Selasa (28/5/2019) di ruang sidang DPRD Kota Jambi.

Sidang paripurna dipimpinan Ketua DPRD Kota Jambi, H M Nasir, dihadiri Walikota Jambi H. Syarif Fasya beserta istri, Wawako Maulana beserta istri, Forkompimda Provinsi dan Kota Jambi, serta undangan.

Menurut Gubernur, berdasarkan analisis tipologi Klassen, sektor perdagangan dan jasa di Provinsi Jambi, merupakan sektor potensial yang masih dapat berkembang cepat, sehingga Kota Jambi diharapkan bisa lebih fokus dalam akselerasi sektor tersebut.

”Sebagai salah satu daerah otonom yang mengandalkan sektor tersier perdagangan dan jasa, laju pertumbuhan ekonomi Kota Jambi yang melebihi Provinsi Jambi patut diapresiasi, karena itu sudah selayaknya Pemprov Jambi mendukung berbagai upaya Pemkot Jambi yang terkait peningkatan kemudahan berusaha dan berinvestasi, kemudahan perizinan dan akses perbankan, serta penyediaan fasilitas publik, seperti ruas jalan baru dan angkutan transportasi umum, sebagai upaya mencegah kemacetan dikemudian hari,” ungkap Gubernur.

Saat ini kata Gubenur, terbukti sudah ada keterpaduan program pembangunan, antara Pemprov dan Pemkot Jambi. Bahwa Pemkot Jambi telah merekrut 180 orang guru Tahfidz, maka Pemprov Jambi, pada tahun ini menyediakan beasiswa Tahfidz bagi 450 orang penghafal Al-Qur’an, khusus siswa SMA/SMK/MA sederajat dengan berbagai kategori jumlah hafalan juz,” ungkapnya.

Sekda Provinsi Jambi, H.M.Dianto, secara khusus mengatakan, Pemkot Jambi, merupakan pintu gerbang Provinsi Jambi yang diharapkan dapat terus bergeliat terutama dibidang ekonomi.

”Kita melihat, Kota Jambi yang merupakan wajah dari Provinsi Jambi, memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat baik, di sektor perdagangan dan sektor jasa, jika dua hal ini terus dikembangkan dapat kita bayangkan betapa majunya kita, dan akan ada banyak menyerap tenaga kerja,”ujar Sekda.

Sebelumnya Walikota Jambi H. Syarif Fasya, menyatakan komitmen Pemkot Jambi, untuk bersinergi dalam membangun Provinsi Jambi. Terutama terkait dengan peningkatan Sumber Daya Manusia.

“Tahun 2018, Pemkot Jambi melaksanakan berbagai program guna mendukung penyelenggaraan urusan pendidikan, baik yang merupakan program wajib nasioanl maupun program untuk menunjang target daerah juga muatan lokal. Termasuk upaya-upaya dalam meningkatkan akses, mutu dan tata kelola pendidikan yang meliputi tenaga pendidik dan kependidikan,”ujar Fasya.

Syarif Fasha menegaskan, bahwa dalam upaya untuk mendukung peran Kota Jambi, sebagai pusat kegiatan nasional di wilayah Sumatera dan juga sebagai ibukota sekaligus kawasan strategis, maka Pemprov Jambi, terus berkomitmen untuk melaksanakan pembangunan dan juga peningkatan sarana dan prasarana dasar perkotaan, memadai dan terintegasi dengan sistem perkotaan yang didukung oleh kondisi lingkungan hidup berkelanjutan. ( Humasprov )

Kategori Provinsi

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.