Pemkot Jambi Gotong Royong Bersama TNI-Polri, Fasha Ikut Bersihkan Got Pasar Talang Banjar

Wali Kota Jambi, Syarif Fasha, turun langsung membersihkan got.

INFOJAMBI.COM — Sinergisitas yang solid antar institusi pemerintah di Kota Jambi, kembali tampak dengan sangat baik. Hal tersebut ditunjukkan dengan dilaksanakannya kegiatan gotong royong bersama jajaran Pemerintah Kota Jambi bersama jajaran TNI dan Polri.

Jumat pagi (27/10/2017), Wali Kota Jambi, DR H Syarif Fasha ME, memimpin langsung kegiatan bakti gotong royong gabungan Pemkot Jambi bersama jajaran TNI/Polri dan bersama masyarakat.

Kegiatan ini dikonsentrasikan di kawasan Pasar Induk Talang Banjar, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi. Kegiatan gotong royong gabungan dilaksanakan dalam rangka HUT ke-72 Korps Brimob Polri Tahun 2017.

Gotong royong difasilitasi Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi, diawali dengan apel gabungan yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Jambi. Setelah apel bersama, Wali Kota Fasha langsung turun mengarahkan seluruh pihak yang terlibat pada kegiatan tersebut.

Titik konsentrasi gotong royong dilaksanakan di sepanjang kawasan Jalan Orang Kayo Pingai hingga Jalan Sentot Ali Basya. Sepanjang jalur ini kerap digunakan untuk berjualan (pasar non permanen) Talang Banjar.

Wali Kota Fasha berbaur bersama masyarakat sekitar yang juga turut bergotong royong. Bahkan Wali Kota Fasha turun tangan langsung mencangkul tumpukan sampah yang menyumbat saluran drainase di kawasan pasar tersebut.

Peserta gotong royong pun tampak bersemangat bahu membahu membersihkan saluran drainase yang tersumbat akibat tumpukan sampah.

Fasha mengungkapkan bahwa gotong royong merupakan langkah efektif dalam mengatasi permasalahan kebersihan yang ada di Kota Jambi, karena gotong royong adalah bagian budaya luhur bangsa yang terus lestari. Dengan bergotong royong semua memiliki peran dan tanggung jawab bersama.

“Gotong royong yang kita laksanakan pagi ini adalah dalam rangka HUT Brimob ke 72, selain bermanfaat sebagai ajang silaturahmi antar jajaran Pemkot bersama TNI/Polri, juga bermanfaat untuk memupuk solidaritas dan sinergitas dalam berkarya bersama membangun Kota Jambi. Selain itu, kegiatan ini adalah langkah tepat dan efektif untuk mengatasi permasalahan sampah dan kebersihan yang cukup terkendala di kawasan pasar ini. Dengan kekompakan dan semangat bergotong royong yang merupakan bagian dari budaya luhur bangsa yang terus lestari, semua akan memiliki peran dan tanggung jawab bersama,” ujar Fasha.

Fasha juga menjelaskan bahwa dirinya akan menata secara total kawasan pusat aktivitas jual beli masyarakat yang terkesan kumuh tersebut.

“Di awal tahun depan, kami akan segera merelokasi para pedagang yang berjualan dibahu jalan ini ke dalam pasar baru yang telah dibangun. Pasar dadakan ini menyebabkan kesemerawutan dan menghambat laju lalu lintas di jalan ini. Di pasar yang baru, pedagang akan tampak lebih manusiawi, penjual dan pembeli akan merasakan kenyamanan, selain itu tidak akan ada lagi sampah, karena akan ada teknologi pengolahan sampah dari sunbernya menjadi energi, Waste to Energy, yang hanya ada dua di Indonesia, salah satunya di pasar induk Talang Banjar yang baru nantinya,” terang Fasha.

Tampak peserta gotong royong tetap antusias menyelesaikan kegiatannya hingga menjelang petang. Kegiatan gotong royong dalam rangka HUT Brimob Polri ke-72 bersama Jajaran Pemkot Jambi dan TNI tersebut, turut di hadiri Dandim 0415/Batanghari Letkol Inf Danny Noviandi, Kapolresta Jambi Kombes Pol Fauzi Dalimunthe, Kadensat Gegana Satbrimobda Jambi AKBP Suparman, Kepala OPD di Lingkup Pemkot Jambi, Camat, Kapolsek, Danramil, Lurah, Ketua RT dan masyarakat Jambi Timur. (***)

 

Kategori Kota Jambi

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.