Rabu, 18 Oktober 2017 | 16:22

Pemprov, Dekranasda dan BLANJA.com Bersinergi untuk UKM Jambi

Bersama Gubernur dan Ketua Dekranasda Jambi.

KOTAJAMBI — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi dan Dekranasda bekerjasama dengan Kemenkominfo dan BLANJA.com mengadakan kegiatan edukasi dan pelatihan terhadap pelaku UKM Indonesia, guna mendukung program pemerintah Road to 8 Juta UMKM menjadikan Indonesia sebagai “The Digital Energy of Asia” pada 2020.

“Teknologi yang semakin canggih membuat kita semakin mudah menjangkau konsumen. Tentunya hal ini menjadi peluang bagi UKM Jambi untuk bisa memperkenalkan budaya dan kerajinan khas Jambi mulai dari songket hingga batik ke dunia,” kata Zumi Zola, Gubernur Jambi, ketika membuka pelatihan UKM, di area rumah dinasnya, Senin (7/8).

Triana Rudiantara selaku Humas Promosi dan Publikasi Dekranas, menambahkan, dengan menggunakan aplikasi online, karya-karya orang Jambi dapat dilihat dan dibeli secara nasional maupun internasional. Untuk itu perlu bersinergi. Kemenkominfo dan Dekranas menggandeng satu-satunya e-commerce BUMN, BLANJA.com, untuk mengedukasi dan meng-online-kan UKM Jambi sehingga bisa bersaing dengan brand-brand terkenal.

Edukasi sekaligus pelatihan UKM di Jambi ini merupakan rangkaian acara untuk Satu Juta UKM Go Online melalui roadshow ke beberapa kota di Indonesia yang diadakan oleh Kemenkominfo, BLANJA.com dan idEA. Edukasi UKM Go Online ini mengundang sekitar 200 UKM dan mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Jambi.

“Untuk memasuki dunia online, UKM bukan hanya harus menyiapkan barang atau produk yang berkualitas, tetapi juga harus memiliki mental yang kuat untuk bisa bersaing sehingga tidak hanya sekedar menjadi seorang penjual online tetapi bisa menjadi pebisnis online” tutur Aulia E. Marinto, CEO BLANJA.com.

Sebagai marketplace hasil kolaborasi strategis Telkom dan eBay, BLANJA.com dinilai menjadi platform online terbaik bagi ribuan UKM yang saat ini masih memiliki keterbatasan infrastruktur dalam memasarkan produk-produk mereka baik dalam skala nasional maupun Internasional.

Mengusung tagline #BLANJAjemputUKM yang dikemas dalam rangkaian roadshow pelatihan UKM, BLANJA.com berharap UKM mempunyai tekad untuk memasuki platform online dalam memasarkan produk-produknya. Harapannya, dengan banyak UKM di seluruh wilayah Indonesia meningkatkan kompetensi para UKM Jambi.

BLANJA.com juga memfasilitasi dan mengedukasi para UKM tentang cara membuat toko online hingga bagaimana cara mengelolanya. Para UKM pun ikut mempraktikan langsung cara foto produk yang baik agar bisa bersaing.

Tak hanya itu, saat ini BLANJA.comm sedang dalam tahap menyeleksi dan menyiapkan beberapa UKM terbaik yang akan dibawa ke pasar internasional melalui platform eBay. Semoga hal ini menjadi motivasi bagi UKM yang sudah online untuk meningkatkan kualitas dan kompetensinya untuk Go Internasional. (infojambi.com/***)

Pengirim : Ayu Lakhsmi Daeng Ugi (Digital Public Relations Blanja.com)

 

Kategori Ekonomi dan Bisnis,Provinsi

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.