Pemprov Jambi Raih SAKIP Predikat B

Penulis : Tim Liputan || Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM — Pemerintah Provinsi Jambi kembali meraih predikat B, dalam penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN RB) ini diterima Gubernur Jambi, H Fachrori Umar, di Batam, Kepulauan Riau, Senin (10/2/2020).

Gubernur Fachrori didamping para bupati /wali kota se-Provinsi Jambi, Kepala Bappeda Provinsi Jambi Donny Iskandar, Inspektur Provinsi Jambi Kailani, dan Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Jambi Otin Supandi.

Fachrori menekankan, kinerja pemerintah daerah harus berorientasi pada hasil dan manfaat bagi masyarakat. Sudah saatnya kinerja birokrasi melayani bukan dilayani.

“Semua berkerja dengan bersih dan mengedepankan akuntabilitas keterbukaan dan kebersamaan,” ujar Fachrori.

Tahun ini merupakan tahun kedua Jambi mendapatkan predikat B atas prestasinya dalam akuntabilitas kinerja pemerintah. Ini menunjukkan tingkat efektivitas dan efisiensi pengunaan anggaran di Pemprov Jambi sudah membaik.

Fachrori mengemukakan, penghargaan ini menjadi motivasi agar seluruh OPD di Provinsi Jambi meningkatkan kinerja. Berkat kinerja yang baik Pemrov Jambi kembali memperoleh penghargaan.

“SAKIP adalah ajang evaluasi kinerja pemerintah pusat kepada pemerintah provinsi, kabupaten/kota se-Indonesia,” kata Fachrori.

Hasil penilaian ini merupakan kerja keras dari seluruh jajaran Pemprov Jambi, sebagai motivasi untuk berkerja lebih baik lagi dalam melayani masyarakat.

“Sistem ini integrasi dari sistem perencanaan, penganggaran dan pelaporan kinerja, selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan. Saya tekankan, seluruh OPD agar berkerja sesuai aturan agar prestasi ini ditingkatkan,” terang Fachrori.

Fachrori menjelaskan, pemerintah daerah harus konsisten menjalankan visi misi pemerintah pusat sampai ke daerah di tingkat bawah.

Evaluasi SAKIP bertujuan menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi pada hasil (result oriented) government.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Biokrasi (PAN RB), Tjahjo Kumolo mengemukakan, evaluasi SAKIP dapat memetakan tingkat langkah konkret yang dilakukan pemerintah, untuk mewujudkan reformasi birokrasi, melalui pengelolaan anggaran secara efektif dan efisen di seluruh kementerian dan lembaga dan pemerintah daerah.

Menpan RB minta ASN profesional dan menguasai permasalahan yang dihadapi masing-masing daerah.

Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Jambi, Otin Supandi menjelaskan, hasil penilaian SAKIP merupakan komitmen seluruh OPD Pemprov Jambi untuk memperbaiki sistem kerja.

Pemerintah kabupaten/kota di Jambi juga menerima penghargaan serupa. SAKIP predikat CC diterima oleh Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Muaro Jambi.

Predikat B diterima oleh Kabupaten Tebo, Bungo, Kerinci, Merangin, Sarolangun, Kota Jambi, Kota Sungai Penuh. Predikat BB diterima Kabupaten Batanghari. #SW

Kategori Birokrasi,Provinsi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.