Pemprov Jambi Siapkan Ribuan Calon Penerima Beasiswa

KOTAJAMBI – Gubernur Jambi, H.Zumi Zola, berharap agar pemberian beasiswa bisa berdampak terhadap pada peningkatan kualifikasi bagi penerima beasiswa, dalam memperoleh pekerjaan, bahkan mampu menciptakan lapangan kerja.

Harapan itu disampaikan pada peluncuran bantuan Beasiswa Prestasi dan penandatanganan Nota Kesepahaman, antara Dinas Pendidikan Provinsi Jambi dengan Cambridge University Press dan Language Training Institute (LTI), tentang Pengembangan Sumber Daya Manusia, di rumah dinas Gubernur Jambi, Rabu (16/8).

“Peningkatatan kualitas SDM menjadi syarat mutlak dalam memenangkan persaingan. Apalagi telah diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), era persaingan yang semakin terbuka. Jepang, Cina, dan, Singapura, ketiga negara itu contoh negara yang fokus mendorong kualitas SDM-nya. Bahkan, Singapura dan Jepang, tidak mempunyai SDA memadai, tapi kesejahteraan masyarakatnya sangat tinggi, karena mereka memiliki kualitas SDM yang sangat baik,” papar Zumi Zola.

Zumi Zola mengapresiasi pendaftaran beasiswa secara online yang dilakukan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, selain mengoptimalkan teknologi dan menerapkan e-government, juga bertujuan untuk menciptakan transparansi.

“Kita menggunakan pendaftaran online supaya terbuka,” ujarnya.

Sebelum Program Beasiswa ini dilaunching, kata Zumi Zola, terlebih dulu dikonsultasikan dasar regulasinya, dengan pihak Kemendagri dan instasni terkait, tujuannya agar tidak ada masalah, baik bagi pihak yang memberikan maupun bagi penerima.

“Kita tidak ingin beasiswa sudah diberikan, tetapi karena ada masalah hukum kemudian harus mengembalikan,” tegas Zumi Zola.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Agus Herianto,SH mengatakan, tahun 2017, Pemprov Jambi melalui Dinas Pendidikan memberikan bantuan beasiswa bagi 1.745 orang penerima. Rinciannya, 1.158 untuk siswa SMA/SMK, jenjang pendidikan (D3) ada 100 orang, program (S1) 300 orang, program pasca (S2), 110 orang, program doctoral (S3) 50 orang, dan untuk Dokter Spesialis 27 orang.

Agus Herianto mengatakan, pendaftaraan beasiswa Pemprov Jambi dilakukan dengan pendaftaran online di laman website: http//beasiswa.disdik.jambiprov.go.id, katanya. (infojambi.com)

Laporan : Mustar Hutapea ll Editor : M Asrori

Kategori Provinsi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.