Pemprov Jambi Teliti Khasiat Daun Sungkai Mampu Bunuh Virus Corona

Penulis : Tim Liputan || Editor : Doddi Irawan

Gubernur Jambi sudah menerima sampel daun sungkai / foto : ist

INFOJAMBI.COM — Daun tanaman sungkai yang banyak tumbuh di Provinsi Jambi, dikabarkan memiliki khasiat untuk kesehatan. Daun Sungkai disebut-sebut bisa untuk mengobati infeksi virus corona.

Informasi itu disampaikan oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo.

Saat menerima laporan perkembangan penanganan coronavirus disease 2019 (covid-19) dari para gubernur se-Indonesia, beberapa waktu lalu, Doni minta Gubernur Jambi menguji khasiat daun sungkai itu.

Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jambi, Johansyah menyatakan, sehari setelah mendapat kabar itu, Gubernur Jambi, H Fachrori Umar langsung memerintahkan penelitian terhadap sungkai itu.

Menurut Juru Bicara Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi ini, Fachrori sudah memanggil Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, minta agar membuktikan khasiat daun sungkai terhadap virus corona.

“Pak Gubernur juga minta dikoordinasikan dengan BPOM, Labkesda dan dinas kesehatan,” kata Johansyah menjawab INFOJAMBI.COM.

Johansyah menyebutkan, khasiat daun sungkai bisa membunuh virus corona masih diteliti. Jika terbukti bisa mengobati infeksi dari virus corona, hasilnya segera dipublikasikan.

“Kan baru diteliti. Kalau sudah jadi baru kami publis,” ujar Johansyah.

Sementara itu, Bupati Merangin, H Al Haris, menyatakan telah berkoordinasi dengan Pemprov Jambi terkait uji sample daun sungkai tersebut.

Pemkab Merangin sudah mengirim sample daun sungkai ke Pemprov Jambi untuk diuji khasiatnya terhadap virus corona.

“Yang bisa mengujinya hanya pihak provinsi,” kata Al Haris.

Al Haris mengaku sudah mencari informasi khasiat daun sungkai bagi kesehatan. Manfaatnya memang banyak. Bila nanti terbukti bisa mengobati virus corona, Al Haris siap menyuplai daun sungkai dalam jumlah besar. ***

Kategori Kesehatan

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.