Pemprov Terus Dorong Peningkatan Kualitas Santri dan Pembangunan Ponpes

Zumi Zola bersama santri dan pengurus Ponpes tahfiz Al Quran Aziziyah Bungo.

INFOJAMBI.COM – Gubernur Jambi, H.Zumi Zola mengungkapkan, Pemprov Jambi terus berupaya memajukan pondok pesantren (Ponpes) yang ada di Provinsi Jambi. Baik bantuan berupa pembanguna fisik bangunan, maupun peningkatan kualitas para santri.

Zumi Zola berjanji akan memberikan beasiswa bagi santri haviz dan havizah yang hafal 30 juz Al Qur’an, Gubernur Jambi mengungkap itu saat mengunjungi Ponpes Tahfizul Qur’an Yayasan Aziziyah Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Rimbo Tengah Kabupaten Bungo, Rabu (17/1).

“Tahun ini kita memiliki program beasiswa, beasiswa ini bukan hanya untuk S1, S2 dan S3 saja, tapi juga untuk haviz dan havizah yang hafal 30 juz Al Qur’an. Silahkan mengajukan ke Pemprov Jambi, kita justru terus mencari haviz dan havizah 30 juz untuk diberikan beasiswa,” ungkap Zumi Zola.

Gubernur Jambi H Zumi Zolasaat di ponpes Tahfiz Al Quran Aziziyah Bungo.

Pogram beasiswa ini tegas Zumi Zola, diberikan kepada haviz dan havizah ini sebagai salah satu upaya dalam memajukan Ponpes, juga untuk memberikan semangat bagi haviz dan havizah yang baru menghafal 20 juz, 10 juz atau 5 juz, agar lebih giat lagi dalam menghafal 30 juz.

“Saya mengapresiasi kepada Ponpes Tahfizul Qur’an Yayasan Aziziyah, karena baru berdiri di awal tahun 2015, tapi sudah menorehkan prestasi, di tingkat Provinsi dan Nasional. Bahkan laporan Bupati, khafilah dari Kabupaten Bungo banyak dari Ponpes ini untuk mengikuti Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi,” ujar Zola Zumi.

Bupati Bungo, H.Mashuri,SP,ME menyampaikan, Bungo banyak memiliki Ponpes Tahfizul Qur’an, tapi Ponpes Yayasan Aziziyah ini yang memiliki banyak santri. Kabupaten Bungo memiliki Program Satu Kecamatan Satu Rumah Tahfiz, dan pada tahun 2017 sudah mendirikan 2 buah rumah tahfiz.

“Kita sudah mendirikan dua buah rumah tahfiz berbeda dari lain, untuk anak-anak sekolah umum yang tidak berkesempatan masuk Ponpes. Alhamdulillah, rumah tahfiz itu berdiri berkat bantuan donatur sukarela,” jelas Mashuri.

Menurut Mashuri, di tahun 2018 ini, Kabupaten Bungo akan mendirikan lagi rumah tahfiz di empat Kecamatan. Melalui Program satu Kecamatan satu rumah Tahfiz Qur’an ini, diharapkan Kabupaten Bungo, dapat menciptakan hafiz-hafiz Qur’an yang bermanfaat bagi masyarakat. ( Richi – Humasprov )

Kategori Provinsi

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.