Penandatanganan MoU Antara Pemprov Jambi Dengan Instiper Yogyakarta

ADVERTORIAL

Plt Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum saat memberikan kuliah umum terhadap mahasiswa Instiper Yogyakarta      (foto Humas)

INFOJAMBI.COM – Untuk meningkatkan pembangunan dalam sektor pertanian, perkebunan, dan kehutanan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Institut Pertanian Stiper (Instiper) Yogyakarta, tentang pemanfaatan Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor pertanian, perkebunan, dan kehutanan, diantaranya melalui teaching factory perkebunan sawit di SMK. Naskah Kerjasama Instiper Yogyakarta dengan Pemprov Jambi ditandatangani oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, Kepala Dinas Perkebunan, Kepala Dinas Pendidikan, dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Jambi dengan Wakil Rektor I Institut Pertanian Stiper Yogyakarta, Dr.Ir.Harsa Wardana,MM, bertempat di Auditorium Institut Pertanian Stiper Yogyakarta, Jum’at (31/08/2018).

Pada kesempatan tersebut, Fachrori juga memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Instiper Yogyakarta dengan memberikan penjelasan tentang kondisi perkebunan, pertanian dan kehutanan di Provinsi Jambi, dimana Pemerintah Provinsi Jambi terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas melalui pengembangan ekonomi kerakyatan dan potensi daerah.

“Saya mengharapkan, dengan adanya kerjasama ini dapat memberikan dampak yang positif dalam mengupayakan sektor pertanian, perkebunan, dan kehutanan di Provinsi Jambi bisa bersaing di pasar global, karena kebijakan tanpa adanya dukungan dan tindakan yang nyata, tidak akan menghasilkan apa apa,” ujar Fachrori.

Fachrori menjelaskan, Pemerintah Provinsi Jambi perlu melakukan upaya-upaya mendasar dan strategis, agar dapat melaksanakan transformasi ekonomi, karena begitu mendominasinya peran sub sektor perkebunan di Provinsi Jambi. “Untuk itu, Pemerintah Provinsi Jambi melakukan kerjasama ini, karena Instiper Yogyakarta ini perguruan tinggi pertama dan satu-satunya yang menjadikan bidang perkebunan sebagai fokus kompetensi bagi para alumninya,”ujar Fachrori.

Plt Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum saat menandatangani MoU dengan Instiper Yogyakarta (foto Humas)

“Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Instiper Yogyakarta yang telah bersedia berkerjasama dan bermitra dengan Pemerintah Provinsi Jambi dalam meningkatkan pembangunan di sektor perkebunan, pertanian dan kehutanan,”tutur Fachrori.

Lebih lanjut, Fachrori mengharapkan, dengan adanya kerjasama ini, dapat mendukung segala upaya dalam memecahkan masalah perkebunan, pertanian dan kehutanan di Provinsi Jambi, yang pada akhirnya bisa memberikan dampak yang positif terhadap masalah-masalah makro di Provinsi Jambi.

Sementara Wakil Rektor I Institut Pertanian Stiper Yogyakarta, Dr.Ir.Harsa Wardana,MM menyampaikan, Instiper Yogyakarta ini didirikan satu tahun setelah nasionalisasi industri perkebunan di Indonesia, dalam rangka menjaga kedaulatan perkebunan, karena produk-produk perkebunan di Indonesia sudah terkenal sejak zaman Belanda.

“Instiper Yogyakarta memiliki kredibilitas yang baik, ini terbukti dengan para alumninya tersebar secara merata di berbagai sektor perkebunan yang ada di Indonesia,” kata Harsa.

Harsa menerangkan, Instiper Yogyakarta sangat mendukung pengembangan perkebunan di Indonesia, salah satunya dengan mendukung industri kelapa sawit di Indonesia, baik dari sisi agronomi, tanaman, pengolahan, manajemen di kebun dan manajemen di pabrik serta industri industri yang ada di pabrik.

Penyerahan naskah MoU antara Plt Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum dengan Wakil Rektor I Institut Pertanian Stiper Yogyakarta, Dr.Ir.Harsa Wardana,MM (foto Humas)

“Instiper juga telah memiliki kerjasa yang luas, baik dengan pemerintah, perusahaan, maupun industri rakyat. Ada sekitar lebih kurang 50 perusahaan yang telah menjalin kerjasama dengan kita,” ungkap Harsa.

Lebih lanjut, Harsa mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dari Pemerintah Provinsi Jambi untuk menjalin kerjasama dengan Instiper Yogyakarta pada sektor perkebunan, pertanian dan kehutanan, sehingga ini merupakan awal dari kegiatan yang lebih nyata dalam membangun perkebunan di Indonesia, khususnya di Provinsi Jambi. (Richi/Mustar/Agus Supriyanto).

Editor Wahyu Nugroho

Kategori Provinsi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.