Pengurus Forum Koordinasi DAS Provinsi Jambi Dikukuhkan

PENULIS : RICHI
EDITOR : M ASRORI S

Sekda Provinsi Jambi, H M Dianto (tengah).

INFOJAMBI.COM – Sekda Provinsi Jambi, H.M.Dianto, mengatakan, Forum ini merupakan wadah koordinasi dalam meningkatkan integrasi dan sinergi rencana pengelolaan DAS, sehingga selaras dengan rencana pembangunan daerah dan tata ruang wilayah Provinsi Jambi.

Pernyataan itu disampaikan Sekda saat mengukuhkan pengurus Forum Koordinasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Provinsi Jambi Periode 2018-2023, berlangsung di Swiss-Belhotel Jambi, Senin (29/4/2019).

“Pengelolaan DAS menjadi isu strategis dan memiliki urgensi sangat tinggi, khususnya di Provinsi Jambi. Sementara itu, tidak ada satupun lembaga yang memiliki otoritas penuh dalam pengelolaan DAS dari hulu sampai hilir,” ujar Sekda.

“Melalui forum ini, kita dapat mengoptimalkan keterlibatan semua pihak dalam pengelolaan DAS di Provinsi Jambi, sehingga kita bisa mewujudkan pengelolaan DAS sebagai satu kesatuan ekosistem dari hulu sampai hilir,” lanjut Sekda.

Sekda mengharapkan, forum yang baru saja dikukuhkan ini bisa menyuarakan dan berbuat dalam melaksanakan perbaikan pengelolaan DAS di Provinsi Jambi.

“Kita bisa melihat sampai saat ini, hulu DAS di Provinsi Jambi masih banyak terdapat penambangan emas tanpa izin (peti) yang merusak ekosistem DAS,” tutur Sekda.

Sekda menjelaskan, saat ini telah terjadi degradasi dan menurunnya fungsi DAS yang menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir, kekeringan dan tanah longsor, sehingga memerlukan pengelolaan DAS secara holistik, multipihak, lintas sektoral dan lintas wilayah agar ekosistem DAS tetap terjaga sebagaimana mestinya.

“Saya mengharapkan forum yang baru saja dikukuhkan ini dapat menghasilkan rencana kerja dan meningkatkan koordinasi pengelolaan DAS di Provinsi Jambi, sehingga ekosistem DAS dari hulu sampai hilir tetap terjaga dengan baik,” jelas Sekda.

Dirjen Pengendalian DAS dan Hutan Lindung, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Dr.Ir.Ida Bagus Putera Parthama,Ph.D, mengungkapkan, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dalam melakukan pengelolaan DAS, memerlukan dukungan dan peran dari seluruh komponen masyarakat dan semua pihak itu melakukan hal itu. Untuk pembentukan forum pengelolaan DAS ini, merupakan bentuk dukungan masyarakat dalam membantu pemerintah melakukan pengelolaan DAS.

“Kita semua menyadari, DAS merupakan rumah kita bersama dimana seluruh kegiatan hidup manusia bergantung kepada DAS, dan semua sektor juga membutuhkan DAS. Untuk itu, mari besama sama kita jaga dalam melakukan pengelolaan DAS, sehingga ekosistem DAS tetap lesatri,” kata Ida Bagus.

Masih kata Ida Bagus, forum ini merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan pengelolaan DAS yang baik, karena dalam mewujudkan pengelolaan DAS yang baik memerlukan pendekatan komperhensif dan melibatkan semua sektor.

“Forum DAS ini yang akan menjembatani seluruh komponen dan seluruh sector, agar bersinergi dalam melakukan pengelolaan DAS, khususnya di Provinsi Jambi. Forum ini juga memberikan saran dan masukan terkait kebijakan kebijakan yang menyangkut pengelolaan DAS,” ujar Ida Bagus.

Ketua Forum Koordinasi Pengelolaan DAS Provinsi Jambi, H.Tagor Mulia Nasution, mengajak seluruh pengurus yang baru saja dilantik untuk membentuk team work yang solid dalam membantu pemerintah melakukan pengelolaan DAS.

“Mari kita bekerjasama dan membangun sinergi yang baik bersama seluruh komponen, sehingga nantinya forum ini memiliki andil besar dalam mewujudkan pengelolaan DAS yang baik di Provinsi Jambi,” ajak Tagor. ( Humasprov )

Roni : Humasprov

Kategori Provinsi

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.