Penyebab Hujan Deras Sepekan Terakhir di Jambi, Ternyata Oh Ternyata

Editor: Rahmad

Banjir di Desa Sungaikapas (foto: ilus)

INFOJAMBI.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jambi mengungkapkan penyebab hujan deras disertai petir dan angin kencang di wilayah Provinsi Jambi.

Hujan deras membuat sejumlah wilayah di Jambi terendam banjir, dalam satu pekan terakhir disebabkan oleh gangguan pola cuaca.

BMKG memprediksi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih terjadi hingga akhir pekan ini.

“Hangatnya suhu muka laut di Samudera Hindia barat Sumatera menyebabkan aktivitas gelombang atmosfer atau MJO aktif yang mengakibatkan intensifnya pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Provinsi Jambi,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun BMKG Sultan Thaha Jambi, Annisa Fauziah, Selasa (13/7/2021).

Dibalik itu juga terjadi pertemuan angin atau konvergensi di wilayah Sumatera bagian tengah yang turut menyebabkan pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Jambi.

BMKG mengimbau warga untuk waspada terhadap potensi hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang yang terjadi di hampir seluruh wilayah Provinsi Jambi.

“Pada umumnya hujan deras disertai petir dan angin kencang tersebut terjadi pada sore dan malam hari. Selain itu turut di waspadai ketinggian gelombang di perairan timur Jambi,” sebutnya.

Dijelaskan Annisa, secara umum untuk perairan timur Jambi ketinggian gelombang dalam kategori tenang hingga rendah. Ketinggian gelombang dalam kisaran 0,1 sampai dengan 1,25 meter.

Ketika cuaca buruk perlu diwaspadai adanya awan Cumunolibus yang dapat mengakibatkan hujan lebat yang disertai dengan petir dan angin kencang.

“Adanya angin kencang secara tiba-tiba ini dapat mengakibatkan ketinggian gelombang. Dan untuk nelayan yang berada di perairan timur Jambi turut diimbau untuk berhati-hati dan waspada saat pergi ke laut mengingat potensi cuaca buruk masih dapat terjadi,” ucapnya.

Kategori Daerah

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.