Peralatan Perang Dikumpulkan di Lapangan Korem, Warga Kota Jambi “Heboh”

PENULIS : RIFKY RHOMADONI
EDITOR : DODDI

INFOJAMBI.COM — Belasan pucuk senjata api dikumpulkan di Lapangan Markas Korem 042/Garuda Putih, Jalan Jenderal Urip Sumoharjo, Sungaiputri, Telanaipura, Kota Jambi.

Selain jumlahnya yang lumayan banyak, jenisnyapun beraneka ragam. Senjata-senjata itu biasa dipakai oleh anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk berperang.

Alat tempur tersebut diantaranya persenjataan infanteri, seperti senjata lawan tank tingkat peleton (Estalanza C90 Anti Tank). Juga ada senapan runduk, meriam SMB 12,7 MM/DSK, meriam 105 KH 178, Tank AMX 13, dan Rantis APR.

Tank dari kavaleri, meriam dari Arhanud dan SLT (Senjata Lawan Tank) serta senapan runduk dari Yonif Raider 142/KJ itu menyita perhatian warga Kota Jambi.

Mereka beramai-ramai datang ke lapangan makorem, untuk melihat langsung senjata-senjata tempur itu. Tidak hanya orang dewasa, tapi juga anak-anak sekolah.

Alat utama sistem pertahanan (alutsista) tersebut sengaja dipamerkan, dalam rangka memperingati HUT ke-74 TNI di Jambi. Pameran ini berlangsung dari tanggal 2 sampai 4 Oktober 2019.

Para pelajar silih berganti mencoba membidik senapan penembak runduk milik TNI AD itu. Saking hebohnya, mereka berebutan berfoto dengan senjata –senjata tersebut menggunakan kamera ponselnya.

Kendaraan tank milik Batalyon Kavaleri tidak luput dari serbuan anak-anak untuk berfoto. Ditambah lagi ada foto both helikopter dan tank yang terpajang.

“Baru kali ini di Jambi ada pameran alat tempur TNI. Saya senang melihat pameran ini,” kata seorang pelajar, Ronald.

Kehadiran alutsista TNI ini mendapat tanggapan positif dari warga Kota Jambi. Warga merasa terhibur, bisa melihat secara dekat berbagai jenis peralatan tempur milik TNI.

“Kami senang main ke sini, bisa melihat peralatan perang milik TNI. Pameran ini cukup menghibur anak-anak,” kata Kusnadi, warga Mayang Mangurai yang datang membawa keluarganya.

Kepala Penerangan Korem 042/Gapu, Mayor Inf Firdaus menjelaskan, pameran ini diadakan untuk memeriahkan hari jadi TNI 5 Oktober mendatang.

“Kami berharap pameran ini bisa menambah pengetahuan masyarakat tentang TNI. Silahkan warga Jambi mengunjungi pameran ini,” kata Firdaus.

Selain pameran alutsista, Korem 042/Gapu juga menggelar pasar rakyat, pengobatan massal, dan kontes otomotif. Even-even itu dimulai Kamis (3/10/2019). ***

Kategori Lensa

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.