Rabu, 20 September 2017 | 14:38

Perencanaan Pembanguna di Merangin Menggunakan Aplikasi Berbasis WEB

Musrenbang RKPD Kabupaten Merangin 2018 ll foto: Teguh

BANGKO – Wabup Merangin, H A Khafid Moein, Rabu (29/3), membuka acara musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Merangin 2018, di aula Bappeda Merangin.

Musrenbang diikuti utusan dari Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), para tokoh masyarakat, tokoh adat dan para tokoh pemuda dari sejumlah desa.

“Salah satu sasaran Musrenbang ini, untuk menjaring dan menselaraskan usulan kegiatan pelaku pembangunan, baik berasal dari masyarakat, pemerintah, maupun swasta,” ujar Wabup.

Menurut wabup, untuk perencanaan pembangunan 2018, Pemkab Merangin telah melaksanakan perencanaan menggunakan aplikasi berbasis WEB. Aplikasi ini berguna untuk mengakomodir usulan pembangunan.

Setiap usulan pembangunan itu, mulai dari tingkat Desa/Kelurahan, hingga tingkat Kecamatan. Melalui sistem online itu, data pembangunan yang diusulkan merupakan data usulan pembangunan realtime dari masyarakat.

Masyarakat dapat memantau tahapan Musrenbang melalui akses internet. Hal ini sejalan dengan tema Musrenbang ‘’Meningkatakan sinergisitas dan kualitas perencanaan yang partisifatif dalam rangka mewujudkan Merangin Emas 2018.

“Melalui langkah ini, kita berharap dalam penyusunan perencanaan pembangunan, ada komitmen seluruh pelaku perencanaan untuk melakukan aturan main yang ada dengan sebaik-baiknya,” pinta Wabup.

Enam bidang prioritas pembangunan di Merangin, kata Wabup, meningkatkan pelayanan birokrasi, peningkatan kualitas infrastruktur pelayanan dasar, peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan dan kesehatan.

Selain itu, pembangunan ekonomi kerakyatan berbasis pertanian dan UMKM, peningkatan prestasi generasi muda dan kesetaraan gender, peningkatan pengelolaan dan perlindungan hutan.

Disamping itu, sumberdaya alam dan mineral yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

“Penetapan enam prioritas ini, bukan bearti mengabaikan bidang lainnya, tapi justru menjadi pendukung atas suksesnya bidang pembangunan lainnya,” jelas Wabup. (infojambi.com)

Laporan : Teguh ll Editor : M Asrori

Kategori Merangin

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.