Peresmian Pelabuhan Roro oleh Presiden Jokowi Belum Jelas

Pelabuhan Roro, Kuala Tungkal siap operasi || foto : raini

KUALATUNGKAL — Peresmian Pelabuhan Roro, Kuala Tungkal, Tanjabbar, Jambi, yang dijadwalkan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi)‎, belum jelas. Ini diakui Kepala Pelabuhan LASDP‎ Kuala Tungkal, N Manalu.

Menurut Manalu, ‎peresmian pelabuhan masih menunggu izin operasionalnya. Pelabuhan akan dioperasionalkan lebih dulu sebelum diresmikan Presiden. Pelabuhan ini sudah rampung pada tahun 2016.

Manalu mengakui pihaknya yang mengawasi Pelabuhan Roro itu. Kalau izin operasional sudah keluar, mereka langsung operasi. Delapan orang TKK sudah disiapkan untuk pelabuhan tersebut.

Ada tiga orang PNS pula yang akan diperbantukan. Pengawasan operasional pelabuhan masih di bawah naungan LASDP dan Dinas Perhubungan Tanjabbar. Nanti pelabuhan itu berjalan seperti layaknya pelabuhan lain.

“Jika tidak ada kendala sama sekali, barulah diresmikan oleh Presiden,” kata Manalu.

Soal kesediaan Presiden akan meresmikan pelabuhan tersebut, Manalu tidak bisa memastikan. Tapi yang pasti, pelabuhan ini merupakan aset pemerintah pusat. Saat peresmian itulah dilakukan serahterima ke pemerintah daerah.

Untuk pengoperasionalan Pelabuhan Roro, Manalu juga menunggu kepastian dari beberapa daerah lain. Sebelumnya ada kerjasama dengan sejumlah pemkab, akan ada pemberangkatan melalui Pelabuhan Roro Kuala Tungkal.

“Mudah-mudahan sebelum peresmian ada dua kali pemberangkatan. Dari situ nanti dievaluasi. Kalau tidak ada kendala, baru diresmikan. Tidak mungkin masih ada kendala mau diresmikan Presiden,” ujar Manalu.

Informasinya peresmian Pelabuhan Roro Kuala Tungkal dilakukan pertengahan Maret 2017.

Peltu Kepala Disperindag Tanjabbar, Kamaludin, mengaku belum tahu soal teknis operasional pelabuhan ini. Mereka terus berkoordinasi dengan beberapa pemerintah daerah. Untuk jalur perdagangan, belum dapat dipastikan yang akan diberangkatkan melalui pelabuhan roro ini.

Menurut Kamaludin, Pemkab Tanjabbar dan Provinsi Jambi telah berkoordinasi dengan Pemkab Kerinci, mengenai pengiriman sayur mayur. Namun belum pasti jenis komoditi yang akan dikirim. (infojambi.com/DD)

Laporan : Raini

 

Kategori Pendidikan

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.