Peringatan HUT Merangin ke-69, Dibarengi Dengan Penandatanganan MoU

Penulis : Teguh
Editor : Wahyu Nugroho

Usai H Al Haris menandatangani MoU dengan Kabupaten tetangga (foto Teguh)

INFOJAMBI.COM – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Merangin ke-69 Sabtu (22/12/2018), berlangsung meriah dan spektakuler. Acara yang difokuskan pada rapat paripurna istimewa DPRD Merangin itu, disesaki ribuan undangan.

Pada acara yang digelar di Ruang Rapat Utama Gedung DPRD Merangin tersebut, tampak hadir Plt Gubernur Jambi H Fachrori Umar bersama isteri, Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS dan para Bupati Kabupaten tetangga.


Menariknya juga hadir para mantan Bupati dan Wakil Bupati Merangin seperti Zainul Imron, Bambang Sukowinarno, Hasan, Khafid Moein dan para tokoh masyarakat serta ribuan undangan lainnya.

“Alhamdulillah hari ini Merangin genap berusia 69 tahun. Diusia yang cukup matang ini Merangin semakin mantap. Dirgahayu Kabupaten Merangin,”ujar Bupati Merangin H Al Haris.

Pada paripurna istimewa yang dipimpin Ketua DPRD Merangin H Zaidan itu, diawali dengan penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU), antara Bupati Merangin dengan Bupati Kabupaten tetangga

Kerja sama diberbagai bidang, terutama bidang pelayanan publik yang saling menguntungkan itu, sangat penting untuk pekembangan Kabupaten Merangin kedepan.

“Setelah pada lima tahun periode pertama fokus membangun pelayanan dasar infrastruktur, pada periode kedua ini saya fokuskan bisa unggul dibidang pertanian dan pariwisata,”terang Bupati.

Bupati yakin dengan unggulnya dua bidang ini, akan mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan ekonomi kerakyatan. Nantinya program pariwisata yang dibuah wisata berbasis pertanian.

Untuk bidang pertanian lanjut bupati, pada 2019 nanti Kabupaten Merangin akan menjadi centra bawang putih di Sumatera. Hal ini mengingat tingginya nilai impor bawang putih untuk kebutuhan di Indonesia.

Selain itu, kopi asal Kabupaten Merangin sekarang ini jelas bupati, telah berhasil menembus pasar nasional. Atas perjuangan bupati menciptakan daerah-daerah lumbung padi, kini Merangin sukses suplus beras.

Pada bidang parisiwata, terus dilakukan penggalian destinasi-destinasi wisata baru di sejumlah kecamatan. Destinasi wisata baru itu seperti, Danau Depati IV, Geopark Merangin, Taman Batu Sungkai, Taman Bunga dan lainnya.
“Untuk meningkatkan bidang pariwisata ini, kita juga telah melakukan MoU dengan Kabupaten Kerinci. Hal ini akan semakin memudahkan bagi biro-biro wisata membuat paket-paket wista ke Merangin dan Kerinci,”terang Bupati.

Pada paripurna yang dihadiri 35 orang anggota DPRD Merangin itu, juga dipaparkan berbagai prestasi yang sukses diraih Kabupaten Merangin, baik ditingkat provinsi Jambi maupun ditingkat nasional.

Sementara itu Plt Gubernur Jambi H Fachrori Umar menegaskan, dalam lima tahun terakhir, memang kemajuan Kabupaten Merangin cukup pesat. Perubahan percapatan pembangunan itu, bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

“Saya memberikan apresiasi atas capaian pembangunan ini. Termasuk keberhasilan Merangin mampu menurunkan angkat penduduk miskin dan menurunkan jumlah pengangguran,”terang Plt Gubernur Jambi. ***

Kategori Merangin

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.