Peringkat Jambi Naik di PON Papua, Budi Setiawan Sukses sebagai Ketua KONI

Laporan: Rahmad

Mantan Ketua Kempo Provinsi Jambi Mursyid Yusmar Sonsang. (Ist)

INFOJAMBI.COM – Bekas Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jambi, Mursyid Yusmar Sonsang, meningkatnya klasemen Jambi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua merupakan sebuah prestasi dan semangat baru bagi KONI dan pelatih cabang olahraga (cabor) di Jambi.

Hasil akhir klasemen PON Papua, Jambi berada di urutan ke-18. Prestasi ini dianggap Mursyid cukup meningkat dibandingkan PON sebelumnya di Jawa Barat, yang berada di peringkat 23 dan PON di Riau tahun 2014 menduduki rangking 24.

“Walau dalam kondisi memperihatinkan persiapan kontingen Jambi, tapi berhasil menaikan peringkat dari PON di Jawa Barat lalu,” ujar Waketum Porserosi ini, Sabtu (16/10/2021).

Menurut Ketua Ikatan Keluarga Alumni Lemhanas (IKAL) Jambi itu, siapapun yang mengurus cabor ataupun KONI yang diingat masyarakat hasil dari PON.

“Budi Setiawan sebagai Ketua KONI bisa dibilang sukses, terlepas Budi baru beberapa bulan mengemban jabatan tersebut,” ujarnya.

Pada PON di Jawa Barat tahun 2016 lalu Jambi berhasil merebut enam emas menduduki rangking 23 dengan Ketua KONI, Indra Armendaris, sebelumnya  pada PON Riau tahun 2012, Jambi bercokol pada urutan ke-24 dengan Ketua KONI, Budianto  mengoleksi 3 medali emas.

“Meski ada pandemi di seluruh kegiatan, Jambi bisa membuktikan prestasi luar biasanya,” sebut suami Doktor Asnelly Ridha Daulay.

Mantan Ketua Kempo Provinsi Jambi tersebut meyakini, Jambi bisa mengulang prestasi lamanya seperti tahun 2004 di Sumatera Selatan dengan menempati posisi ke-enam, meraih 27 medali emas.

Mursyid yang juga jebolan Lemhanas PPSA 2012 berharap, prestasi yang diraih PON Papua menjadi catatan penting serta tantangan bagi KONI dan pemerintah setempat untuk memiliki fasilitas-fasilitas olahraga berstandar internasional, agar bisa meraih kesempatan pada PON ke-21 di Aceh dan Sumut tahun 2024.

Asal tahu saja, PON XX Papua 2021 resmi ditutup oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin pada Jumat malam, (15/10), di Stadion Lukas Enembe, Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua.

Jambi mengumpulkan 29 medali, terdiri dari enam emas, sepuluh medali perak, dan 13 perunggu. Medali-medali itu dipersembahkan oleh 12 cabor, angkat besi (2 emas), cabor angkat berat (2 perak), taekwondo (1 perak 1 perunggu).

Kemudian, biliar (2 emas), senam (1 perak 1 perunggu), wushu (1 emas 1 perak 2 perunggu), tarung derajat (1 perunggu), panahan (1 emas), gulat (1 perak), dayung (4 perak 4 perunggu), tinju (2 perunggu), dan sepak takraw (2 perunggu).

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jambi, Budi Setiawan menyampaikan, hasil perjuangan panjang para atlet Jambi cukup mengembirakan.

Dengan keterbatasan anggaran dan kondisi pandemi Covid-19, atlet Jambi mampu menunjukan kebolehannya dan meraih prestasi di PON XX Papua.

“Saya sangat bangga menjadi bagian dari kontingen Jambi atas prestasi yang diraih para atlet dan pelatih. Terimakasih juga kepada bapak Gubernur Jambi, unsur forkopimda, Kadiskepora Provinsi Jambi, seluruh pengurus Provinsi Jambi, atas semangat dan dukungannya untuk kemajuan olahraga Provinsi Jambi, dan para ketua KONI kabupaten/kota, terimkasih telah menyumbangkan atlet-atlet terbaiknya di PON XX Papua.

Terimakasih juga kepada tim kemanan Polda Jambi yang telah mengawal dan mengamankan kontingen Jambi, luar biasa, sangat tanggungjawab dalam tugasnya, terimakasih bapak Kapolda Jambi,” kata Budi.

Disampaikannya, setelah perhelatan PON XX Papua, pihaknya akan langsung melakukan evaluasi dan pembinaan terhadap para atlet.

“Insyaallah kita ketemu lagi di pembinaan langsung dari KONI Provinsi Jambi, tahun 2022,” sebutnya.

Budi juga menyampaikan ucapan selamat kepada Provinsi Jawa Barat yang telah keluar sebagai juara umum PON XX Papua 2021.

“Selamat kepada KONI Jabar atas prestasi meraih medali terbanyak, sebagai Juara umum. Selamat juga kepada DKI Jakarta raihan peringkat kedua, Jawa Timur peringkat tiga, dan peringkat empat Papua, tuan rumah yang luar biasa, sukses PON XX Papua, sampai berjumpa kembali di PON XXI Aceh-Sumut 2025,” lanjut Budi.

Kategori Olahraga

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.