Senin, 19 November 2018 | 18:58

Peringkat Teratas Grup, Indonesia Kalahkan Hongkong 3-1

Laporan Bambang Subagio

Timnas Indonesia U-23 (foto Bambang Subagio)

INFOJAMBI.COM – Timnas Indonesia U-23 membekuk Hong Kong 3-1(0-1) pada pertandingan pamungkas Grup A cabang olahraga (cabor) sepak bola Asian Games 2018, di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Senin (20/8/2018) malam. Hasil ini membawa Indonesia menjadi juara grup sekaligus lolos ke babak 16 Besar.

Ketiga gol kemenangan Timnas U-23 masing-masing dihasilkan Irfan Jaya, Stefano Lilipaly dan Hanif Sjahbandi. Satu-satunya gol Hongkong dicetak Hok Ming Lau.

Tampil menggebrak sejak menit awal, pasukan Luis Milla yang menurunkan squad terbaiknya dengan mengandalkan kecepatan Febri Hariyadi dan Irvan Jaya di sektor sayap. Sementara itu, Alberto Goncalves, di topang Stefano Lilipaly menjadi andalan untuk menggedor pertahanan lawan.

Taktik tersebut beberapa kali merepotkan pertahanan Hong Kong. Berulang kali, Febri dan Irfan mampu melepaskan umpan ke dalam kotak penalti. Sayangnya, belum ada yang menemui hasil positif.

Hong Kong yang lebih banyak tertekan justru unggul pada menit ke-38. Hok Ming Lau yang lolos dari jebakan offside berhasil menanduk bola yang menggetarkan jala gawang Andritany Ardhiyasa. Indonesia tertinggal 1-0.

Setelah gol tersebut, Indonesia mencoba meningkatkan tempo permainan. Namun, hingga peluit akhir babak pertama berbunyi, Timnas Garuda masih belum bisa mendulang gol.

Indonesia menggebrak pada awal babak kedua. Satu menit setelah turun minum, Irfan membawa Timnas Indonesia menyamakan kedudukan. Tendangan keras sang pemain tak mampu dibendung kiper Hong Kong, Ho Chun Yuen.

Luis Milla memasukkan Saddil Ramdani untuk menggantikan Irfan. Kehadiran pemain Persela tersebut memberikan warna baru di sektor sayap kanan, bahkan, Saddil nyaris mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-69. Sayangnya, tendangan keras sang pemain dari luar kotak penalti masih mampu dimentahkan Ho Chun Yuen.

Lima menit jelang pertandingan berakhir, Lilipaly membuat Stadion Patriot bergemuruh setelah membawa Timnas Indonesia unggu 2-1. Pemain asal Bali United tersebut dengan piawai mengelabui satu bek Hong Kong sebelum mengecoh Chun Yuen.

Ekspresi Ivan Dimas dan kawan-kawan usai menjebol gawang Hongkong (foto Bambang Subagio)

Timnas U-23 kembali membobol gawang Hong Kong pada menit ke-90+4. Kali ini, Lilipaly kembali ikut andil dengan memberikan umpan ke Hanif Sjahbandi.

Dengan hasil tersebut, Indonesia berhasil menduduki peringkat pertama klasemen akhir Grup A dengan mengoleksi sembilan poin. Pada laga 16 besar, Timnas Garuda akan menghadapi Uni Emirat Arab.

Editor Wahyu Nugroho


Kategori Olahraga

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.