Perjuangkan Kesehatan dan Ketenagakerjaan, Pemprov Jambi Bersinergi dengan Komisi IX DPR RI

Penulis : Tim Liputan || Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM — Gubernur Jambi, H Fachrori Umar menyambut kunjungan kerja Komisi IX DPR RI asal Jambi, Hj Saniatul Lativa ke Provinsi Jambi.

Kehadiran Saniatul Lativa merupakan reses pribadi selaku anggota DPR RI, untuk bersilaturahmi dan menyerap aspirasi Pemprov Jambi di sektor kesehatan dan ketenagakerjaan.

Pertemuan berlangsung di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin (2/3/2020).

Tampak hadir Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Samsiran Halim, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi Bahari, Direktur Utama RSUD Raden Mattaher dr. M Fery Kusnadi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Provinsi Jambi Agus Sunaryo, perwakilan BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, perwakilan BKKBN, dan BPOM.

Fachrori mengapresiasi kunjungan kerja Saniatul Lativa ke Provinsi Jambi dalam kegiatan silahturahmi dan menyerap aspirasi Pemerintah Provinsi Jambi terkait bidang kesehatan dan ketenagakerjaan.

Fachrori menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi siap bersinergi dengan Komisi IX DPR RI untuk memperjuangkan pembangunan sektor kesehatan dan ketenagakerjaan.

Fachrori memaparkan capaian pembangunan kesehatan dan ketenagakerjaan di Provinsi Jambi. Beberapa capaian pembangunan kesehatan di Provinsi Jambi diantaranya Umur Harapan Hidup (UHH) Provinsi Jambi mencapai 71,06, meningkat dari 70,89 pada tahun 2018.

Dari sisi kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Provinsi Jambi per 31 Januari 2020 sebesar 73,54%. Isu kesehatan lainnya, masih tingginya angka prevalensi stunting pada tahun 2018, berdasarakan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan masih ada 30,1 balita stunting di Provinsi Jambi.

Di bidang ketenagakerjaan dihadapkan dengan masalah peningkatan persentase tingkat pengangguran terbuka (TPT) sebesar 4,19% pada tahun 2019, pada tahun 2018 lalu 3,86% .

Dari sisi cakupan kepersertaan jaminan sosial ketenagakerjaan capaian Provinsi Jambi sebesar 27,62% dari 1.692.193 angkatan kerja.

Pemerintah Provinsi Jambi telah menyiapkan berbagai program kegiatan dalam rangka peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan perluasan lapangan pekerjaan, serta peningkatan produktivitas tenaga kerja dengan membentuk Skill Development Center atau forum komunikasi, koordinasi, dan sinkronisasi yang melibatkan unsur pemerintah daerah, lembaga pelatihan dan sertifikasi, serta dunia usaha dan dunia industri dalam rangka menekan jumlah pengangguran di Provinsi Jambi.

“Untuk percepatan penyelesaian beberapa masalah tersebut, kami juga membutuhkan dukungan dan komitmen dari anggota Komisi IX DPR RI untuk bekerjasama terutama dukungan anggaran dari pemerintahan pusat,” jelas Fachrori.

Saniatul Lativa menyampaikan bahwa silaturahim dan penyerapan aspirasi untuk Pemerintah Provinsi Jambi tentunya akan membawa manfaat luas bagi Provinsi Jambi.

“Reses yang saya lakukan ini adalah reses pribadi/perseorangan. Saat ini adalah masa reses anggota DPR dan kembali ke daerah pemilihannya masing-masing untuk melihat dan menjalankan tugasnya sebagai anggota DPR RI untuk legislasi, fungsi anggaran, dan pengawasan,” kata Saniatul.

Capaian yang disampaikan semua berkat kerjasama dan dukungan dari pemerintah pusat dan capaian ini alangkah baiknya jika bisa ditingkatkan kembali menjadi 80 s.d 90%.

Program yang berdasarkan insiatif saya, akan membangun 9 titik Balai Latihan Kerja Mandiri di Kabupaten/Kota dan saya harap pemerintah daerah dapat bekerja bersama dan bersinergi.

“Saya juga akan memperjuangkan DAK yang diterima oleh Pemerintah Provinsi Jambi,” ungkap Saniatul.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Provinsi Agus Sunaryo, yang menjadi moderator acara tersebut dalam sesi wawancara menyatakan bahwa ada banyak hal yang disampaikan kepada Saniatul Lativa, terutama bagaimana upaya meningkatkan anggaran DAK bagi Pemerintah Provinsi Jambi.

Dalam pertemuan ini setiap OPD dan instansi vertikal menyampaikan aspirasinya terhadap kebutuhan dan kendala yang dihadapi di Provinsi Jambi.

“Saya mengapresiasi respon akan memperjuangkan anggaran di pusat terutama DAK. Kita akan mempersiapkan diri dengan adanya pembangunan 9 titik BLK di Provinsi Jambi. Kita bersama-sama bersinergi membangun Provinsi Jambi. Pertemuan ini akan membawa dampak sangat baik,” ujar Agus Sunaryo. #MAR

Kategori Provinsi

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.