Perkuat Kemitraan Strategis, Fasha bersama Forkompimda Hadiri Undangan Menteri Singapura

INFOJAMBI.COM – Kemesraan hubungan bilateral antara Pemerintah Republik Singapura dengan Pemerintah Kota Jambi, terus menunjukkan perkembangan yang positif. Hal tersebut ditandai dengan makin intensnya komunikasi antar pemimpin negara serumpun tersebut.

Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME bersama jajaran Forkompimda Kota Jambi, yang terdiri dari Ketua DPRD Kota Jambi H. M. Nasir, Kapolresta Jambi Kombes Pol Fauzi Dalimunthe, Dandim 0415/Bth Letkol Inf Denny Noviandi, serta Dandenpom 2/II Letkol CPM Irsyad Hamdie Bey Anwar memenuhi undangan kunjungan kerja (official visit) dari Menteri Senior Pertahanan dan Hubungan Luar Negeri Singapura Dr. Muhammad Maliki Oesman di Singapura.

Kunjungan resmi yang difasilitasi Pemerintah Singapura tersebut telah dilaksanakan sejak tanggal 21 hingga 24 November lalu. Kunjungan kerja tersebut membahas berbagai rencana kerja sama strategis antara Pemerintah Singapura dengan Pemerintah Kota Jambi dimasa yang akan datang. Sebelumnya, Menteri Senior Pertahanan dan Hubungan Luar Negeri Singapura Dr. Muhammad Maliki Oesman telah lebih dahulu berkunjung ke Kota Jambi pada Juli lalu.

Kunjungan kerja dengan misi saling menguntungkan kedua wilayah itu, dirangkai dalam berbagai berbagai agenda kegiatan. Pada hari pertama, Wali Kota dan rombongan, diajak mengunjungi Singapore Botanic Gardens yang berlokasi di 1 Cluny Road, Singapura. Dilokasi taman yang didirikan pada tahun 1859 tersebut, Direktur Singapore Botanic Gardens, Dr. Nigel Taylor mempresentasikan konsep pengelolaan ruang terbuka hijau ala Singapura yang menjadi percontohan dunia itu.

Setelah dari Singapore Botanic Garden, rombongan Wali Kota Jambi, juga diajak berkunjung ke Marrina Barrage, yaitu pusat kontrol banjir dan pengelolaan sumber air bersih di Singapura. Tempat yang berkonsep public space tersebut adalah bendungan air yang memiliki fungsi lain sebagai tempat wisata keluarga di Singapura.

Sementara, pada hari kedua, kunjungan kerja Wali Kota Fasha bersama Forkompimda itu dilanjutkan ke Land Transport Gallery (LTA). LTA merupakan show case evolusi perubahan transportasi di Singapura dari era sebelum merdeka, sampai saat ini. LTA yang berdiri pada tanggal 1 September 1995 tersebut mempunyai peran yang sangat strategis, karena bertanggung jawab akan perencanaan, pengoperasian dan menjaga infrastruktur serta sistem transportasi di Singapura.

Selain itu, rombongan juga mengunjungi Singapore Police Force atau Polisi lalu lintas dan penanganan keamanan jalan. Wali Kota Jambi dan rombongan diterima langsung oleh Director Traffic Force pemerintah Singapura. Mereka mempresentasikan tentang traffic management di Singapura.

Kunjungan kerja selanjutnya dilakukan dengan berkunjung ke Singapore’s Urban Redevelopment Authority (URA) atau Badan Perencanaan Nasional Pemerintah Singapura. URA bertanggung jawab atas penggunaan tata ruang dan desain perkotaan (urban design) di Singapura.

Pada setiap pertemuan dalam kunjungan tersebut, tampak masing-masing pihak aktif melakukan saling berbagi strategi dan informasi. Berbagai pertanyaan dan jawaban pun selalu mewarnai pada sesi dialog yang sangat konstruktif itu.

Sementara itu, akhir kunjungan kerja delegasi Kota Jambi yang dipimpin Wali Kota Syarif Fasha tersebut dilakukan dalam jamuan makan siang dengan Menteri Senior Pertahanan dan Hubungan Luar Negeri Republik Singapura Dr. Mohamad Maliki Osman di National Museum Singapura.

Suasana makan siang yang tampak akrab tersebut, juga dimanfaatkan Wali Kota Fasha untuk kembali berdiskusi dengan koleganya tersebut. Salah satunya adalah terkait dengan peningkatan dan keberlanjutan program pengembangan kompetensi ASN melalui Singapore Corporate Program (SCP).

Dr. Maliki Osman pun menyambut baik keberlangsungan program yang membawa dampak besar bagi peningkatan kompetensi aparatur tersebut. Bahkan terkait dengan anomali cuaca ekstrim yang terjadi di Kota Jambi yang mengakibatkan terjadinya bencana alam, pihaknya akan memberikan training teknis kepada Pemkot Jambi, seperti kerjasama konservasi dengan Singapore Botanic Garden.

Jamuan makan siang diakhiri dengan saling berganti souvenir baik dari Wali Kota Jambi dan rombongan kepada Menteri Senior Pertahanan dan Hubungan Luar Negeri Singapura maupun sebaliknya. (***)

 

Kategori Kota Jambi

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.