Pesan Kapolda, Ciptakan Iklim yang Kondusif

PENULIS : ANDRA RAWAS
EDITOR : WAHYU NUGROHO

INFOJAMBI.COM – Kapolda Jambi, Irjen Pol Muchlis AS bertindak sebagai irup upacara Hari Ulang Tahun ke-74  Republik Indonesia jajaran Polda Jambi, Sabtu (17/8/2019) di Lapangan Utama Polda Jambi.

Dalam kesempatan tersebut Kapolda berpesan khusus kepada generasi muda Jambi agar tetap menciptakan iklim yang kondusif agar Jambi menjadi lebih maju.

Muchlis menyebutkan perjuangan di era reformasi dan revolusi industri, harus dengan kegigihan dan ilmu pengetahuan yang di iringi dengan wawasan Kebangsaan dan kereligiusan. Perjuangan di masa lalu dengan pertumpahan darah, dan air mata, kalau saat ini dengan pengetahuan dan kegigihan.

Selain itu, Muchlis juga membacakan amanat tertulis Kapolri, antara lain mengatakan, peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Indonesia ini menjadi momentum bagi Polri dan jajaran untuk bersyukur, atas seluruh karunia Tuhan Yang Maha Esa.

“Peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia juga menjadi momentum bagi kita untuk berterima kasih kepada seluruh pahlawan kusuma bangsa, atas seluruh perjuangan, pengabdian, dan pengorbanan, kepada masyarakat, bangsa, dan negara,” ujar Kapolda.

Dalam suasana yang penuh dengan semangat nasionalisme ini, lanjut Kapolda, seluruh jajaran juga harus menyadari bahwa tantangan ke depan akan semakin kompleks. Hal tersebut tidak dapat dipisahkan dari berbagai dinamika yang terjadi dalam tataran global, regional, maupun lokal.

Lebih lanjut kapolda menuturkan, dalam Upacara Peringatan ke-73 Hari Bhayangkara Tahun 2019, Presiden Joko Widodo telah menyampaikan lima Instruksi kepada institusi Polri. Salah satunya tentang peningkatan kualitas sumber daya manusia Polri.

“Hal tersebut merupakan implementasi Agenda Pembangunan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, yaitu meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing,” terang Kapolda.

Secara lebih rinci, instruksi tersebut menjadi penjabaran Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2020, yaitu “peningkatan sumber daya manusia untuk pertumbuhan berkualitas”. Dengan terwujudnya sumber daya manusia yang unggul, maka Indonesia akan meraih kemajuan dan kesejahteraan, sebagaimana tema Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019 ini.

Dalam amanatnya, Kapolri juga menggugah semangat bertugas seluruh personel. Hal ini mengingat Polri dan jajaran akan menghadapi berbagai agenda nasional.

Antara lain dalam tahapan akhir pengamanan Pemilu 2019, Polri akan mengamankan pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPD RI, dan DPR RI, serta pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih hasil Pemilu Tahun 2019. Selanjutnya pada akhir tahun, Polri akan menyelenggarakan pengamanan Hari Raya Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020.

Untuk menghadapi berbagai agenda pengamanan tersebut, Kapolri berpesan kepada seluruh jajaran untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan dalam pelaksanaan tugas.

Laksanakan deteksi dini terhadap setiap potensi gangguan Kamtibmas, agar dapat terselesaikan secara tuntas sebelum berkembang menjadi gangguan nyata,” tegasnya.

Tak kalah penting, Kapolri juga meminta seluruh jajaran untuk menjalin koordinasi dan kerja sama sinergis dengan satuan TNI di semua tingkatan, Pemerintah Daerah, para pemangku kepentingan, serta seluruh elemen masyarakat, baik secara formal maupun informal.

“Selanjutnya, pedomani seluruh ketentuan dan aturan yang berlaku, serta hindari perbuatan yang dapat merusak kepercayaan masyarakat terhadap Polri,” pungkas Kapolda.***

Kategori Lensa

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.