Peserta Upacara HUT TNI di Jambi “Disandera”

PENULIS : RIFKY RHOMADONI
EDITOR : DODDI

INFOJAMBI.COM – Sejumlah peserta upacara HUT ke-74 Tentara Nasional Indonesia (TNI), di Lapangan Kantor Gubernur Jambi, “disandera” oleh sekelompok teroris, Sabtu (5/10/2019).

Ratusan peserta upacara terkejut, melihat sejumlah orang yang duduk di podium utama, persis di belakang kursi Gubernur Jambi, Fachrori Umar dan para pejabat forkompinda, dibawa para teroris.

Para sandera dibawa para teroris menggunakan bus berwarna putih. Namun hanya dalam hitungan menit, bus itu berhasil dihentikan oleh pasukan Batalyon Infantri Raider 142/KJ.

Beberapa personil andalan TNI itu memecahkan kaca bus. Gas airmata dilepaskan. Para teroris berhasil akhirnya berhasil dilumpuhkan.

Para sandera akhirnya berhasil diselamatkan oleh personil Yonif Raider yang mengendarai mobil khusus dan motor trail. Para sandera kemudian dibawa ke tempat aman.

Kehebatan anggota TNI itu hanya demonstrasi, guna memeriahkan upacara HUT TNI di Jambi.

Upacara dipimpin oleh Danrem 042/Gapu, Kolonel ARH Elphis Rudy, dihadiri Gubernur Jambi, H Fachrori Umar, Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto dan forkompinda lainnya.

Dalam upacara itu Danrem Elphis Rudy membacakan amanat Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Panglima TNI menyatakan kebanggaannya terhadap prajurit TNI.

“Prajurit dan PNS TNI telah menunjukkan profesionalitasnya. Tugas yang dilaksanakan adalah amanah rakyat, bangsa dan negara. Saya yakin seluruh rakyat Indonesia juga bangga pada TNI. Ini harus disyukuri,” pesan Panglima.

Panglima TNI mengungkapkan, sebagai alat negara, tugas TNI tidak terlepas dari perubahan lingkungan strategis, yang berkembang dinamis dan semakin kompleks.

“Perkembangan dunia menciptakan dimensi dan metode peperangan baru. Kemajuan teknologi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia, juga membawa dampak disruptif di berbagai bidang,” jelas Panglima TNI.

HUT TNI di Jambi kali ini juga dimeriahkan dengan konvoi kendaraan militer dan pawai kendaraan, mulai dari komunitas motor besar, komunitas mobil Toyota Hardtop dan komunitas mobil Land Rover, serta komunitas sepeda motor Yamaha RX King.

Konvoi dan pawai mengelilingi Kota Jambi itu boleh diikuti oleh warga umum. Banyak warga ikut menaiki kendaraan tank tempur. Konvoi dan pawai berakhir di Markas Korem 042/Garuda Putih.

Menariknya, dalam konvoi ini Danrem Elphis Rudy menyetir sendiri kendaraan militer TNI. Duduk disampingnya, Gubernur Jambi Fachrori Umar. Di belakangnya, Kapolda Muchlis AS menyetir mobil jip ala TNI bersama Ketua DPRD Edi Purwanto. ***

Kategori Lensa

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.