Petinggi Merangin Tolak Paham Radikalisme dan Gerakan ISIS

Sekda Sibawahi saat menandatangani komitmen bersama tolak radikalisme ll foto: Teguh

BANGKO – Para petinggidi Kabupaten Merangin bersama masyarakat, sepakat dan berkomitmen menolak paham radikalisme dan gerakan ISIS.

Komitmen bersama itu, ditanda-tangani, Bupati yang diwakili Sekda Merangin, H Sibawaihi, diikuti Dandim 0420/Sarko, Polres Merangin, Kejari Merangin, serta tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

“Ini merupakan bukti komitmen kami, untuk menolak pahan radikalisme dan ISIS,” ujar Sekda, pada acara sosialisasi bahaya terorisme dan radikalisme dikalangan pelajar, pemuda, mahasiswa dan masyarakat di aula kantor Badan Kesbangpol Merangin, Selasa (4/4).

Dikatakan Sekda, radikalisme merupakan embrio lahirnya terorisme, sebagai bentuk sikap yang mendambakan perubahan total, secara drastis lewat kekerasan (violence) dan aksi-aksi ekstrim.

“Terorisme bukan persoalan siapa pelaku, kelompok dan jaringannya, namun lebih dari itu, terorisme merupakan tindakan yang memiliki akar keyakinan, doktrim dan ideologi yang dapat menyerang kesadaran masyarakat,” tegas Sekda.

Menurut Sekda Sibawaihi, ada beberapa ciri yang bisa dikenali dari sikap dan paham radikal, diantaranya, intoleran atau tidak mau menghargai pendapat dan keyakinan orang lain, fanatik atau selalu merasa benar sendiri, cenderung menganggap orang lain salah.

Selain itu, sikap ekslusif atau cenderung membedakan diri dari pada umumnya, dan sikap revolisioner atau cenderung menggunakan cara-cara kekerasan untuk mencapai tujuan.

“Pemerintah daerah telah melakukan berbagai upaya, guna pencegahan tumbuh dan berkembangnya paham radikalisme dan terorisme, diantaranya revitalisasi dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat,” jelas Sekda. (infojambi.com)

Laporan : Teguh ll Editor: M Asrori

Kategori Merangin

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.