Pimpinan Apel, Ini Arahan dan Himbauan Kapolda Baru

INFOJAMBI.COM — Kapolda Jambi yang baru, Brigjen Pol Drs Muchlis AS MH, langsung memimpin apel, Senin (15/1/2018). Apel dihadiri juga oleh Wakapolda Kombes Pol Drs Ahmad Haydar SH MM, Irwasda dan pejabat utama lainnya.

Selain itu, apel juga diikuti oleh para perwira menengah, Pama, Bintara, Bhayangkara dan ASN Polda Jambi. Mengawali arahannya, Muchlis mengajak seluruh peserta upacara memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT.

Kapolda mengajak seluruh personil dan ASN Polda Jambi meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME, dalam setiap langkah dan pengabdian kepada bangsa dan negara.

Personil kepolisian diminta selalu menjaga profesionalitas dalam melaksanakan tugas, dengan tetap berpegang teguh pada UU dan peraturan serta ketentuan yang berlaku.

“Pahami tugas pokok masing-masing dan bertindak proposional sesuai kewenangan. Aktifkan poskamling di lingkungan pemukiman, didukung koordinasi aparat terkait sebagai langkah antisipasi jelang Pilkada 2018, pileg, dan Pilpres 2019,” pesan Kapolda.

Kapolda juga minta anggotanya melaksanakan peningkatan dan pemeliharaan kemampuan personil melalui kegiatan giat latihan rutin (tiada hari tanpa latihan). Kenali/pahami setiap potensi konflik yang ada di wilayah masing-masing.

“Cegah dan eliminir potensi tersebut agar tidak berkembang menjadi kerusuhan. Setiap kapolres/kapolsek wajib tinggal di wilayah, sehingga jika ada kejadian bisa langsung ditangani cepat,” tegas Kapolda.

Kapolda juga mengajak personil Polda Jambi melakukan kegiatan keagamaan Jum’at/subuh keliling dan menyambangi para tokoh secara konsisten, agar terjalin kemitraan dan bekerjasama mengatasi masalah.

Setiap kegiatan anggota harus diawasi, agar terhindar dari penyalahgunaan wewenang dan pelanggaran disiplin yang dapat memperburuk citra organisasi. Melaksanakan pengawasan rutin dan sidak pada satuan kewilayahan, unit-unit pelayanan dan pos-pos pada jam rawan.

Untuk ke dalam, pastikan semua ruang tahanan dan petugas jaga tahanan selalu siaga, sehingga tidak ada tahanan lari akibat kelalaian petugas. Meningkatkan dan menguatkan sinergitas dengan TNI, apkam lainnya dan pemda untuk menjaga keamanan dan menjamin berlansungnya pembangunan di daerah.

Kapolda mengingatkan agar mengefektifkan giat tim saber pungli baik keluar/kedalam sebagai bentuk tanggungjawab melaksanakan Inpres 87/2016. Setiap kapolres, kapolsek dan bhabinkamtibmas bertanggung jawab mengawasi dana desa sebagai program pemerintah untuk pembangunan infrastruktur di desa.

Melaksanakan giat pelaporan evaluasi program promoter dan quick wins dengan diawasi oleh para kasatker / kasatwil dan penanggungjawab/ sekretaris serta operator (untuk jadi perhatian ka).

“Jangan dekati narkoba apalagi terlibat sebagai pengguna, pengedar dan bandar. Ingat keluarga dan istri. Bersama kita patuhi seluruh ketentuan di lingkungan polri dan delik umum, sehingga terhindar dari tindakan hukum. Rajut, jalin dan bina terus kerjasama dan harmonisasi dengan aparat TNI, instansi terkait melalui kegiatan kedinasan, keagamaan, olahraga dan kegiatan lainnya yang mendukung prinsip kebersamaan (sinergitas) mulai dari pimpinan, staf, dan seluruh personil secara rutin dan berjenjang,” beber Kapolda.

Kapolda melarang para ASN mengunggah, menanggappi (seperti like, komentar dan sejenisnya) atau menyebarluaskan gambar/foto bakal calon/bakal pasangan calon kepala daerah, visi misi bakal calon/bakal pasangan calon kepala daerah, maupun keterkaitan lain dengan bakal calon/bakal kepala daerah melalui media online maupun media sosial.

“ASN dilarang foto bersama dengan bakal calon kepala daerah/wakil kepala daerah dengan mengikuti simbol tangan/gerakan yang digunakan sebagai bentuk keberpihakan. ASN dilarang menjadi pembicara/narasumber pada kegiatan pertemuan partai politik,” tandas Kapolda. (Andra Rawas — Jambi)

 

Kategori Hukrim

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.