Plt Sekda: Semua OPD Harus Peduli KKS

PENULIS : TIM LIPUTAN
EDITOR : WAHYU NUGROHO

INFOJAMBI.COM – Prestasi Penghargaan Swasti Saba Padapa yang diraih Pemkab Merangin dari Mendagri dan Menkes Republik Indonesia pada Selasa (19/11/2019) di Yogyakarta pekan lalu, harus terus dipertahankan.

Untuk itu semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), harus perduli dengan menyelenggarakan Kabupaten Kota Sehat (KKS), yang menjadi dasar diraihnya penghargaan bergengsi tersebut.

Hal ini ditegaskan Plt Sekda Merangin H Hendri Maidalef pada rakor Sosbud yang berlangsung Kamis (28/11/2019) di Aula Bappeda. ‘’Jadi tidak ada alasan bagi OPD untuk tidak perduli dengan KKS ini,’’ pinta Plt Sekda.

Dijelaskan Plt Sekda lagi, Penghargaan Swasti Saba Padapa, merupakan apresiasi Pemerintah Pusat ke Pemkab Merangin yang sudah menyelenggarakan Kabupaten Kota Sehat (KKS) dengan baik.

Diuraikan Sekda, KKS adalah suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk. Kondisi ini dicapai melalui terselenggaranya penerapan tatanan dan kegiatan yang terintegrasi.

KKS tercapai dengan cara terlaksananya berbagai program. Bukan hanya program kesehatan, tetapi juga program lainnya. KKS dapat meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakat.

Diraihnya Penghargaan Swasti Saba Padapa terang Plt Sekda, menjadi langkah awal untuk memperkuat kelembagaan Forum KKS, Tim Pembina dan Tim Teknis Kabupaten Sehat.

‘’Ini masih berorientasi pada tatanan pemukiman, sarana dan prasarana sehat dan tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri. KKS bukan hanya tanggungjawab rumpun bidang kesehatan, tapi juga semua OPD,’’ tegas Plt Sekda.

Pada kesempatan itu H Hendri Maidalef juga mengangkat isu-isu lain yang perlu menjadi perhatian. Diantaranya isu ketersediaan data base Sosbud yang valid dan akurat.(TGH)

Kategori Merangin

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.