Polda Jambi Musnahkan 197 Senjata Api

Penulis : Andra Rawas | Editor : Dodik

INFOJAMBI.COM – Aparat Polda Jambi memusnahkan 197 pucuk senjata api, Rabu (30/6/2021).

Sebagian besar yang dimusnahkan senjata api rakitan jenis kecepek. Senjata-senjata itu disita dari masyarakat oleh ditreskrimum dan polres jajaran.

Pemusnahan dihadiri Penjabat Gubernur Jambi, Hari Nur Cahya Murni dan forkopimda, di Lapangan Polda Jambi menggunakan alat pemotong khusus.

Senjata diserahkan dari Polres Muaro Jambi dua pucuk kecepek laras panjang dan satu pucuk laras panjang jenis mouser kaliber 7.62 mm.

Dari polres jajaran, seperti Batanghari sebanyak 11 pucuk kecepek laras panjang. Polres Tanjab Barat tujuh pucuk senpi kecepek laras panjang dan satu pucuk PCP kaliber 5,5 mm.

Polres Tanjab Timur sebanyak satu pucuk kecepek laras panjang. Polres Tebo 13 pucuk kecepek laras panjang. Polres Bungo 13 pucuk kecepek laras panjang dan satu pucuk kecepek laras pendek.

Selanjutnya, Polres Merangin 106 pucuk kecepek laras panjang dan satu pucuk kecepek laras pendek. Polres Sarolangun 40 senpi kecepek laras panjang.

Kapolda Jambi, Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo mengungkapkan, penyitaan senjata api tersebut akibat banyak kasus kejahatan di Jambi.

Dia minta polres jajaran mengimbau masyarakat yang menguasai senpi agar dengan suka rela menyerahkannya ke pihak kepolisian terdekat.

“Masyarakat datang ke polres dan polsek menyerahkan senpi yang mereka kuasai,” kata Kapolda pada wartawan.

Ada satu senjata Mouser, senjata asli buatan pabrik, peninggalan Perang Dunia II. Senjata ini milik seorang pejuang Jambi dan diserahkan oleh warga Jaluko, Muaro Jambi.

“Nanti kami minta bantuan verifikasi bahwa senjata ini betul milik pejuang Jambi. Kami berkenan menyerahkannya ke Museum Jambi. Untuk sementara kami amankan sampai jelas verifikasinya,” ujar Kapolda. ***

Kategori Hukrim

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.