Polda Jambi Tetapkan 20 Kelompok SMB Sebagai Tersangka

PENULIS : ANDRA RAWAS
EDITOR : WAHYU NUGROHO

INFOJAMBI.COM – Setelah melakukan pemeriksaan pasca penangkapan terhadap 45 orang kelompok Serikat Mandiri Batanghari (SMB) pelaku penyerangan dan penganiayaan, Polda Jambi resmi menetapkan 20 orang anggota kelompok Serikat Mandiri Batanghari (SMB) sebagai tersangka kasus penganiayaan terhadap anggota tim terpadu pencehagan karhutla serta pengrusakan kantor PT. Wirakarya Sakti (WKS).

Kapolda Jambi, Irjen Pol Muchlis Jum’at (19/7/2019) mengtakan, untuk 20 orang itu dari diambil dari 45 pelaku yang diamankan. Sementara itu 25 orang lainnya hingga saat ini masih dilakukan pemeriksaan.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan yang telah dilakukan dari tadi malam hingga hari ini, 20 orang sudah kita tetapkan sebagai tersangka,” ujarnya.

Ditambahkannya, untuk 20 orang yang telah ditetapkan tersangka saat ini masih dilakukan pemeriksaan intensif dan akan dilakukan penahanan.

“Bagi yang tidak terbukti nantinya akan dikembalikan ke keluarganya,” katanya.

Dijelaskannya, dari hasil penyidikan kelompok SMB ini sejak tahun 2018 lalu telah melakuakn aksi kriminalitas sebanyak 14 kali.

“Laporannya ada di Polres Tebo, Polres Batanghari, Polres Tanjung Jabung Barat, dan Polda Jambi,” jelasnya.

Ditambahkan Muchlis, kelompok SMB melakukan aksi kriminalitas secara masif dan terorganisir. Namun pasca penangkapan 45 orang kelompok SMB, Muchlis berharap ke depan tidak ada lagi konflik yang terjadi

Lebih lanjut Muchlis mengatakan, terhadap para tersangka diterapkan pasal 170 KUHP tentang penganiayaan secara bersama-sama, serta pasal 363 KUHP tentang pencurian.

“Ancaman hukumannya paling singkat 6 tahun penjara,” tegasnya.***

Kategori Hukrim

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.