Sabtu, 23 September 2017 | 00:15

Polisi Gerebek Pabrik Sohun Berzat Berbahaya

KOTAJAMBI — Tim Satgas Pangan Provinsi Jambi menggerebek sebuah rumah produksi pembuatan sohun berzat berbahaya. Pembuatan sohun dicampur dengan kaporit —bahan penjernih air.

Selain menemukan kaporit, petugas juga menemukan sagu yang disimpan dalam karung bekas kemasan pupuk. Home industry pembuatan sohun ini berada di Desa Lopakalai, Kumpeh Ulu, Muaro Jambi.

Penggerebekan Senin (17/7) siang, melibatkan anggota Ditreskrimsus Polda Jambi, BPOM Jambi dan Dinas Kesehatan Provinsi Jambi. Pabrik ini beromzet puluhan juta rupiah setiap bulan.

Tim Satgas Pangan juga menemukan belasan ember berisi kaporit. Sagu yang disimpan dalam karung bekas pupuk diduga terindikasi tercemar mikroba. Lokasi pabrik ini juga sangat kotor.

Kasubdit I Ditreskrimsus Polda Jambi, AKBP Guntur Saputra, mengatakan, kaporit dipakai agar sohun yang diproduksi tampak lebih putih. Produksi pabrik ini dilempar ke pasaran di Kota Jambi dan beberapa wilayah lain.

Pemakaian kaporit dalam pembuatan sohun bisa menyebabkan penyakit kanker. Karena itu bahan-bahan berbahaya pembuat sohun tersebut langsung disita.

Pasca penggerebekan, pabrik sohun mengandung zat berbahaya itu dipasangan garis polisi. Aktivitas pembuatan sohun dihentikan. Pemilik rumah terancam UU 18/2012 tentang pangan. Ancaman hukumannya lima tahun penjara. (infojambi.com)

Laporan : Andra Rawas

 

Kategori Kesehatan

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.