Polwan Polda Jambi Banyak Jabat Posisi Strategis

Penulis : Andra Rawas | Editor : Redaksi

HUT Polwan di Polda Jambi | foto : ist

INFOJAMBI.COM – Kepolisian Daerah (Polda) Jambi menggelar acara syukuran HUT ke 73 Polisi Wanita (Polwan), di Aula Lantai 4 Gedung Utama Mapolda Jambi, Rabu (1/9/2021).

Tahun 2021, HUT Polwan mengusung tema “Transformasi Polri yang Presisi Polwan Siap Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 Untuk Masyarakat Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju”.

Syukuran dihadiri Kapolda Jambi Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, Ketua PD Bhayangkari Daerah Jambi Evi Rachmad Wibowo selaku Ibu Asuh Polwan, Pejabat Utama Polda Jambi, Kapolres/ta jajaran Polda Jambi.

Hadir pula Perwakilan Pengurus Bhayangkari Daerah Jambi, Koordinator Kowad Korem 042/Gapu Kolonel CKU (K) Ike Yosie Roselin, Ketua Korpri Polda Jambi, anggota Polwan Polda Jambi.

Acara berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Kapolda Jambi Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo mengucapkan selamat ulang tahun ke 73 Polwan di seluruh Indonesia, khususnya di Polda Jambi. 

“Doa dan harapan senantiasa teriring kepada seluruh Polwan Polda Jambi dimanapun saudara bertugas,” ucap jenderal bintang dua ini.

Kapolda Jambi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polwan Polda Jambi, yang pada usianya ke-73 tahun telah banyak berkontribusi dalam pengabdian kepada bangsa dan negara. 

“Terutama dalam situasi sekarang, Polwan bahu membahu dengan elemen masyarakat mendukung program pemerintah mempercepat penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya.

Peran aktif Polwan tidak mengesampingkan tugas pokoknya sebagai anggota Polri yang bertugas sebagai pemelihara kamtibmas, penegakan hukum serta melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat. 

Dalam konteks demikian, Polwan dihadapkan pada tantangan tugas Polri yang semakin berat dan kompleks. 

Polwan menjadi partner kerja polisi pria dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif, agar masyarakat dapat bekerja semakin produktif.

Kapolda menyebutkan 6 pesan kepada Polwan Polda Jambi, diantaranya meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Selain itu memberikan kontribusi bagi organisasi, dengan terus mengasah kemampuan untuk menjadi unggul serta bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

“Ketiga, menjadi polwan yang multitasking dan promoter sehingga semakin dipercaya dan dekat dengan masyarakat. Keempat, tingkatkan soliditas sesama polwan saling asah, asih dan asuh melalui giat mentorship,” ujarnya.

Kelima, memanage waktu sebaik-baiknya untuk menjalankan peran ganda polwan sebagai istri, ibu dan sebagai anggota polri, sehingga tetap terjaga keharmonisan rumah tangga.

“Dan terakhir, tidak menunjukkan kehidupan hedonisme dan bijak dalam bermedia social,” tegasnya.

“Semoga Polwan Polda Jambi semakin maju dan tangguh serta senantiasa menjadi Insan Bhayangkara yang siap berkarya bagi Indonesia,” tutup Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo.

Saat ini total jumlah Polwan di Polda Jambi sebanyak 477 personel, dengan rincian Polwan berpangkat pamen 16 orang, Pama 50 orang dan Bintara 411 orang. 

Polwan Polda Jambi tidak hanya sebagai pelengkap saja, tapi banyak yang sudah menduduki jabatan strategis. 

Hal ini dibuktikan dengan adanya 1 orang Polwan yang menduduki jabatan Wakapolres, 3 orang Kasat Lantas, 4 orang Kapolsek dan 1 orang Kasat Resnarkoba yang biasanya dijabat oleh polisi laki-laki.

Banyaknya jabatan yang diemban oleh Polwan menunjukkan kesetaraan gender di lingkungan Polri sudah berjalan. 

Kesetaraan dan keadilan antara perempuan dan laki-laki sudah dilaksanakan, kesempatan dan persamaan hak bagi Polwan untuk berprestasi di berbagai  jabatan strategis telah  terbuka lebar. 

“Bersaing secara sehat dan jaga kepercayaan yang sudah diberikan pimpinan dengan sebaik-baiknya,” pesan Kapolda. ***

Kategori Wanita dan Keluarga

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.