Ponpes Wali Peetu Utamakan Bahasa Arab dan Inggris

PENULIS : RUSTAM HASANUDDIN
EDITOR : WAHYU NUGROHO

INFOJAMBI.COM – Di Kabupaten Tanjung Jabung Timur tepatnya di Desa Air Hitam Laut terdapat Pondok Pesantren, namanya Wali Peetu.

Pondok Pesantren Wali Peetu mengajarkan ilmu agama untuk anak-anak Bugis, berada di Desa Air Hitam Laut  Kecamatan Sadu Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Awalnya ponpes ini didirikan untuk memberikan ilmu agama kepada anak-anak keturunan Bugis yang pertama bermukim di Kecamatan Sadu.

Ponpes Wali Peetu didirikan sekitar tahun 1980, oleh seorang tokoh pendiri Desa Air Hitam Laut, Arsyad Site yang merupakan kepala desa seumur hidup di desa tersebut.

Seiring perkembangannya, ponpes ini sekarang juga memberikan pendidikan formal. Menariknya, dalam proses belajar mengajar, para santri dan santriwati tidak duduk di kursi seperti di sekolah umumnya, namun anak-anak duduk bersila di lantai.

Saat ini Ponpes Wali Peetu dikelola oleh anak-anak Arsyad Site, mereka semua menyandang gelar sarjana. Salah satunya adalah Kyai Haji As’ad Arsyad.

Banyak santri dari luar Tanjung Jabung bahkan ada yang dari luar Pulau Sumatera menimba ilmu di ponpes yang berada di ujung paling timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur ini.

Menurut salah seorang guru di ponpes ini, Ustadz Armada, santri dan santriwati ponpes Wali Peetu diwajibkan berbahasa Arab dan bahasa Inggris. Tujuannya agar santri menguasai ilmu agama dan bisa mengikuti perkembangan zaman melalui bahasa.

Sementara Pimpinan Ponpes Wali Peetu, Kyai Haji As’ad berharap ponpes ini menjadi tempat pendidikan generasi penerus Suku Bugis di wilayah Tanjung Jabung.

“Dulu masyarakat Suku Bugis sebagai pendatang di wilayah sadu sangat tertinggal pendidikan agamanya, tapi sekarang mereka sudah menguasai ilmu agama Islam,” ujar Kyai Haji As’ad Arsyad.

Ditambahkannya, keberadaan ponpes Wali Peetu, kini menjadi pilihan utama para orangtua di wilayah Sadu untuk mendidik anaknya secara baik dan benar.***

Kategori Agama,Pendidikan

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.