Potensi Cuaca Ekstrem di Jambi hingga Kamis, Waspada Pohon Tumbang

Editor: Rahmad

Rumah warga hancur ditimpa pohon. Foto: Ilustrasi

INFOJAMBI.COM – BMKG Kelas I Sultan Thaha Jambi mengingatkan agar warga mewaspadai potensi cuaca ekstrem di wilayah Provinsi Jambi pada Minggu 15 Agustus hingga Kamis 19 Agustus 2021.

Kepala BMKG Kelas I Sulthan Thaha, Ibnu Sulistyono, merilis peringatan dini cuaca ekstrem yang diakibatkan gangguan pola cuaca yakni sirkulasi siklonik di Samudera Hindia Barat Sumatera.

“Terpantau adanya gangguan pola cuaca yaitu sirkulasi siklonik di Samudera Hindia Barat Sumatera yang mengakibatkan terbentuknya konvergensi (pertemuan angin), perlambatan kecepatan angin serta kondisi kelembaban atmosfer yang terpantau cukup basah (>70%) mengakibatkan potensi terbentuknya pumpunan awan hujan di wilayah Provinsi Jambi,” kata Ibnu.

Kondisi tersebut mengakibatkan potensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir disertai kilat dan angin kencang.

“Masyarakat di wilayah Provinsi Jambi diimbau untuk mewaspadai dampak yang dipicu oleh cuaca ekstrem tersebut,” katanya.

BMKG mengingatkan kemungkinan dampaknya antara lain angin kencang, tumbangnya pohon, tumbangnya papan baliho, kerusakan atap rumah, terjadinya genangan maupun banjir dan tanah longsor serta berkurangnya jarak pandang.

 

Kategori Daerah

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.