Pramuka itu Perekat NKRI dan Manusia Pancasila

INFOJAMBI.COM – Waka Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Perencanaan, Pengembangan, dan Kerjasama, Marbawi, menegaskan, Pramuka itu perekat NKRI dan manusia Pancasila. Karena Pramuka mempunyai tanggung jawab untuk menjaga karakter dan moral bangsa.

Kwarnas Gerakan Pramuka mendukung penuh kegiatan yang erat dengan pendidikan karakter ini, ujar Marbawi, pada pembukaan Lomba Gugus Depan (Gudep) Unggul dan Festival Penggalang Ceria SD Tingkat Nasional, 17-21 Oktober 2017, yang resmi dibuka Sekretaris Dirjen Dikdasmen, Kemendikbud RI, Thamrin Kasman, Selasa (17/10) lalu, di Grand Mulya Hotel and Convention, Bogor.

“Kita sepenuhnya mendukung apa pun program kepramukaan dalam rangka penguatan karakter anak. Karena kita tahu, tahun 2045 adalah satu abad Indonesia. Anak-anak ini yang akan menjadi pemimpin kita,” ucap Marbawi.

Menurut Marbawi, sekarang Gerakan Pramuka punya tagline Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita, tujuannya agar setiap Pramuka mampu membuat konten dengan telepon genggamnya. Rekamlah video kegiatan positif adik-adik, edit yang baik dan gotong-royong menyebarkannya di media sosial. Promosikan produk unggulan, budaya, pariwisata daerah-daerah adik-adik di media sosial. Ingat Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita.

Sekretaris Dirjen Dikdasmen, Thamrin Kasman, mengatakan, lomba ini merupakan salah satu wujud pendidikan karakter generasi muda. Diharapkan dapat muncul bibit-bibit pemimpin Indonesia di masa datang.

Pesan Mendikbud, Muhajir Effendy, bahwa semangat mencerdaskan kehidupan bangsa, sebagai amanat UUD 45, harus selalu pompa dan bakar secara terus-menerus, sehingga benar-benar terwujud cita-cita kemerdekaan sejati, yakni Indonesia yang berdaulat, adil dan makmur, ujarnya.

Cita-cita luhur ini akan tercapai jika anak-anak Indonesia sebagai pelangsung masa depan bangsa dan negara, dibekali dengan keterampilan hidup yang memampukan mereka untuk bersaing di masa depan, kata Thamrin Kasman mewakili Mendikbud.

“Tahun 2045 negara kita akan mencapai usia kemerdekaan 100 tahun. Kami percaya dan kami titipkan kejayaan Indonesia di pundak kalian. Teruslah belajar, belajar, dan belajar. Gapailah cita-cita kalian dan wujudkan cita Indonesia yang gemilang,” tegas Thamrin menambahkan.

Lomba Gudep Unggul dan Festival Penggalang Ceria diikuti 34 Gudep Pramuka terbaik dari seluruh Indonesia, termasuk anggota Pramuka dari Provinsi Jambi. ( Humas – Kwarnas Pramuka )

Kategori Pendidikan

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.