Senin, 22 April 2019 | 01:31

Presiden Sebut Masyarakat Tak Percaya Media Sosial

Penulis : Jefrizal
Editor : M Asrori S

Presiden Joko Widodo (kiri) menghadiri puncak peringatan HPN di Surabaya Jawa Timur.

INFOJAMBI.COM – Peringatan puncak Hari Pers Nasional (HPN), dihadiri langsung Presiden RI, Joko Widodo yang digelar di Kota Surabaya Jawa Timur, Sabtu (9/2/2019). Dikesempatan ini, Presiden menyebutkan negara menjamin kemerdekaan pers.

Didampingi ibu negara dan petinggi Negara, Presiden juga menerima Penghargaan Kemerdekaan Pers, karena dinilai sebagai tokoh yang memiliki kepedulian terhadap pers di Indonesia. Puncak peringatan HPN juga dihadiri pemilik perusahaan media hingga pimpinan media di Indonesia.


Jokowi dalam sambutannya mengatakan, ia sangat gembira lantaran media massa berhasil menjadi sumber referensi terpercaya dari masyarakat. Hal ini mampu menurunkan kepercayaan masyarakat kepada media sosial.

“Saya sangat bergembira, semakin kesini, masyarakat semakin tidak percaya media sosial,” kata Jokowi di Grand City, Surabaya, Sabtu (9/2/2019).

Untuk itu, Jokowi minta media massa untuk tetap menjaga kepercayaan masyarakat dengan menyajikan informasi berita yang berpegang teguh pada kebenaran. Sebab, media massa adalah arus utama untuk penjernih informasi.

“Sajikan informasi-informasi yang terverifikasi,” kata Presiden.

Dikesempatan ini, Jokowi memaparkan pentingnya peran pers di Indonesia. Namun, kebebasan pers harus dilandasi tanggung jawab tinggi dalam memberikan kebenaran informasi. Pemerintah menjamin kemerdekaan pers dan kebebasan berpendapat, kebebasan beretika dan bertata krama dan kebebasan sebagaimana yang diatur dalam undang-undang pers.

“Insan media teruslah meneguhkan jati diri, mengedukasi, mencerdaskan anak bangsa dan tetap melakukan kontrol social, untuk terus memberikan kritik-kritik yang konstruktif untuk menyajikan informasi akurat,” pungkas Presiden Jokowi.***

Kategori Nasional

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.