Progres Proyek Tol Sumatera di Jambi Bak “Keong”

Titik-titik pembangunan jalan Tol Trans Sumatera.

KOTAJAMBI – Rencana pembangunan jalan tol Sumatera yang menghubungkan Jambi – Sumatera Selatan – Riau jalan di tempat. Sampai saat ini mega proyek tersebut belum terlihat progresnya.

Jambi sendiri mendapat alokasi 380 kilometer dari proyek Tol Sumatera. Untuk mewujudkan hadirnya jalan bebas hambatan ini, Pemprov Jambi bertanggungjawab soal pembebasan lahan.

Beberapa daerah tetangga dikabarkan sudah mulai menggarap proyek tersebut, seperti Pekanbaru – Dumai (Riau) dan Sumatera Selatan – Lampung.

Sufardi nurzain

Menurut informasi, pembebasan lahan untuk ruas tol Pekanbaru – Dumai sudah mencapai 47 persen. Proyek ini sudah mulai dikerjakan. Tak lama lagi Riau sudah punya jalan tol.

Sementara, untuk Tol Sumatera yang melintasi Jambi – Sumatera Selatan masih tahap perencanaan pembebasan lahan. Proses pembebasan lahan sangat penting untuk pelaksanaan proyek ini.

“Informasi terakhir, Pemprov Jambi sudah melakukan pemetaan lokasi-lokasi yang dilalui jalan tol,” kata Sufardi Nurzain, anggota Komisi III DPRD Provinsi Jambi.

Sufardi menilai, dibanding provinsi tetangga, progres proyek Tol Sumatera di Jambi jauh tertinggal. “Untuk itu kami minta Pemprov Jambi lebih agresif dan proaktif menjemput bola,” tandas Sufardi.

Pembangunan Tol Sumatera merupakan proyek kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah. Pemerintah pusat menanggung dana pembangunannya, sementara pemerintah provinsi mengurus soal pembebasan lahan. (infojambi.com)

Laporan : Dicky

 

Kategori Pendidikan

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.