PT Rigunnas Bangun Sumur Bor untuk Desa

Penulis : Tim Liputan | Editor : Dodik

INFOJAMBI.COM –  Senyum lebar dan rasa bahagia tersirat di wajah sejumlah warga Dusun Tanjung Dani, Desa Tuo Sumay, Kecamatan Sumay, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi, kala melihat kucuran air bersih memancar dari sumur bor.

Harapan warga memperoleh air bersih akhirnya terkabulkan setelah lama diidamkan. Kini, warga dapat memanfaatkan fasilitas air bersih yang diberikan Asian Agri, perusahaan perkebunan kelapa sawit dari grup Royal Golden Eagle (RGE), untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti mandi dan mencuci.

Harapan memperoleh air bersih diwujudkan Asian Agri setelah masyarakat memintanya. Asian Agri melalui unit bisnisnya PT Rigunas Agri Utama (RAU) Kebun Bungo Tebo, melakukan pengadaan sumur bor air bersih melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

“Kami dari PT RAU Kebun Bungo Tebo sangat memahami kebutuhan warga Dusun Tanjung Dani yang kekurangan air bersih. Kami melihat selama ini masih ada masyarakat yang mandi dan mencuci di parit/sungai yang jaraknya jauh dari pemukiman warga,” ungkap Sahala Mahulae, Manager Plasma PT RAU-KLO.

Karena sulit mendapatkan air bersih, lanjut Sahala, sehingga perusahaan terpanggil untuk memberikan bantuan pembangunan sumur bor air Bersih bagi warga Dusun Tanjung Dani.

“Kami mengharapkan air bersih ini dapat dimanfaatkan banyak warga untuk aktivitas memasak, mencuci, mandi dan lainnya,” kata Sahapa.

Dengan demikian, lanjutnya, masyarakat akan lebih sehat dan memperoleh akses air bersih pun lebih gampang.

“Semoga pembangunan sumur bor ini lancar dan kita jaga keberlanjutan pemakaiannya bersama-sama,” sebut Sahala saat meninjau pembuatan sumur bor tersebut, 22 Oktober 2021.

Leoward Butar-Butar, Manager Pabrik PT RAU-PBT, mengaku sebelumnya perusahaan berkoordinasi dengan kepala dusun untuk mencari lapak strategis pengeboran sumur.

“Syukurnya lokasi tempat sumur bor ini sangat tepat sekali, sangat dekat dengan perumahan warga. Tercatat ada 25-30 KK yang rutin memakai serta diantara fasilitas umum tempat ibadah. Jadi, lokasi ini sangat strategis,” bebernya.

Perusahaan mengharapkan kepada masyarakat, agar bantuan sumur bor ini bisa dijaga dan dipergunakan sebaik mungkin.

“Kami mengharapkan bisa kita kembangkan lagi, misalnya membangun tower besar untuk penampungan air yang lebih memadai,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dusun (Kadus) Tanjung Dani, Sopian berterimakasih kepada pihak perusahan PT RAU – Asian Agri yang telah memberikan bantuan pembangunan satu unit sumur bor.

“Kami akui bahwa perusahaan sudah banyak membantu masyarakat. Bantuan sumur bor air bersih ini sangat diharapkan. Kami akan menjaga fasilitas yang sudah diberikan, agar tetap baik dan dapat dimanfaatkan oleh warga,” cetusnya. ***

Kategori Lensa,Tebo

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.