Pulihkan Ekonomi, Al Haris Kebut Pembangunan Infrastruktur, Meski Harus Berhutang

Penulis : Jefrizal || Editor : Dodik

Al Haris kebut pembangunan infrastruktur jalan (jefri)

INFOJAMBI.COM — Mempercepat pulihnya perekonomian masyarakat yang terpuruk akibat pandemi Covid-19, diperlukan infrastruktur jalan dan jembatan yang baik dan memadai.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Merangin, H Al Haris, ketika memantau pembangunan jalan yang dibiayai dengan dana pinjaman dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), di kawasan Tabir Barat, Rabu, 7 April 2021.

“Dengan tersedianya infrastruktur jalan dan jembatan yang bagus, masyarakat Merangin yang mayoritas petani bisa mudah memasarkan hasil pertaniannya ke pasar, sehingga ekonominya cepat pulih,” ujar Al Haris.

Sebelumnya, harga Bahan Bakar Minyak (BBM) cukup tinggi di pelosok desa, karena jalannya hancur. Tapi setelah jalan bagus, BBM sekarang jadi lebih murah, dan berdampak pada semakin murahnya ongkos transportasi.

Menurut Al Haris, tidak mudah menyediakan infrastruktur jalan dan jembatan yang bagus dalam waktu singkat. APBD Merangin cukup kecil jika dibanding luasnya wilayah.

Merangin mempunyai wilayah terluas dibanding kabupaten/kota lain di Provinsi Jambi. Jalan yang cukup panjang menjadi persoalan. Pemerintah daerah tidak mampu membiayai pembangunan jalan yang panjang itu.

“Atas izin dewan, Pemkab Merangin meminjam dana ke PT SMI untuk membiayai pembangunan jalan. Alhamdulillah akhir Mei ini semua pembangunan jalan yang bersumber dari dana pinjaman SMI rampung,” terang Al Haris.

Dalam kunjungannya ke Tabir Barat, Al Haris juga memantau pembangunan jembatan di Desa Lubuk Mumbun dan pembangunan jembatan di Tabir Ilir. ***

Kategori Merangin

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.