Puluhan Anak SAD Terserang Diare

Laporan Jefrizal

Warga SAD diobati (foto : jefri)

INFOJAMBI.COM — Puluhan warga Suku Anak Dalam (SAD) di wilayah Makekal Hulu, Desa Mekar Jaya, Tabir Selatan, Merangin, Jambi terserang wabah diare. Seorang diantaranya malah terpaksa dirujuk ke rumah sakit.

Informasinya, ada sekitar 45 warga SAD yang terserang diare, demam, batuk dan pilek. Umumnya yang terserang adalah anak-anak.

Pihak Puskesmas Muara Dalang telah melakukan pengobatan massal. Mereka turun ke pemukiman SAD, didampingi Bhabinkamtibmas Polsek Tabir Selatan dan guru pengajar PKBM SAD.

Kepala Puskesmas Muara Delang, Jaswandi membenarkan hal itu. Dia dan petugasnya memberikan pengobatan gratis bagi anak-anak SAD yang terserang diare.

“Sebenarnya pengobatan massal kami lakukan dua kali setahun. Kali ini sifatnya mendadak. Kami mendapat telepon dari guru dan pengurus SAD, banyak anak SAD terserang diare,” kata Jaswandi.

Sejauh ini anak-anak SAD yang terserang wabah diare berasal dari rombongan Temenggung Jeletai dan rombongan Ketua Adat Ngandun. “Itu belum terdata semua, masih akan didata lagi,” ujar Jaswandi.

Selain melakukan pengobatan, pihak puskesmas juga memberi penyuluhan kepada warga SAD, khususnya tentang cara menjaga kesehatan. Misalnya, mengenai air minum harus dimasak. Minum air mentah bisa menyebabkan mencret.

Jaswandi berharap pengobatan yang mereka lakukan bisa menyembuhkan diare dan penyakit lain yang menyerang anak SAD. Dia ingin mengantisipasi kejadian ini tidak berlarut-larut.

“Kami juga bekerjasama dengan pihak terkait. Program pengobatan massal terus dilakukan dan ditingkatkan,” jelas Jaswandi. ***

Editor : IJ-2

 

Kategori Kesehatan

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.