Puluhan Napi Lapas Jambi Dipindahkan

Napi Lapas Jambi dipindahkan || foto : Andra Rawas

KOTAJAMBI – Puluhan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II/A Jambi dipindahkan, Sabtu (11/3). Sebelumnya di lapas ini terjadi kerusuhan dan aksi pembakaran.

Warga binaan yang dipindahkan umumnya napi kasus narkoba dan napi wanita. Beberapa hari pasca kerusuhan lalu kini para keluarga napi sudah bisa membezuk, meski di bawah tenda.

Dengan pengawalan ketat aparat kepolisian, sekitar 60 napi dipindahkan ke Lapas Narkoba di Kabupaten Tanjabtim. Sedangkan 20 napi wanita dipindahkan ke Lapas Wanita dan Anak di Batanghari.

Pemindahan napi tersebut dilakukan mengingat banyaknya fasilitas lapas yang rusak, sekaligus untuk mengurangi over kapasitas lapas yang kini penghuninya mencapai 1.754 orang.

Anggota keluarga ikut menyaksikan pemindahan. Rencananya pemindahan masih akan dilakukan untuk napi lainnya. Kapasitas Lapas Jambi diperkirakan hanya mampu menampung 400 orang.

Salah seorang keluarga napi, Herawati, merasa keberatan dengan pemindahan itu. Pasalnya, jika dipindahkan, mereka akan sulit menjenguk, karena lokasinya jauh. (infojambi.com/d)

Laporan : Andra Rawas

 

Kategori Hukrim

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.