Sabtu, 21 Oktober 2017 | 02:34

Puluhan Pimpinan Perguruan Tinggi se-Jambi Lawan Radikalisme

INFOJAMBI.COM — Puluhan pimpinan  perguruan tinggi se- Jambi mengadakan pertemuan, membahas aksi kebangsaan melawan radikalisme, di Kampus STIKES Harapan Ibu, Kota Jambi, Selasa (10/10).

Acara dikemas dalam bentuk kuliah akbar, orasi kebangsaan dan pembacaan deklarasi melawan radikalisme. Rencananya aksi dilakukan di 350 kabupaten/kota di 34 provinsi se-Indonesia.

Aksi melibatkan 4,5 juta peserta, terdiri dari pimpinan perguruan tinggi dan civitas akademika, mulai dari mahasiswa, dosen hingga staf perguruan tinggi, dengan mengundang pihak pemerintah dan para tokoh.

Tujuan aksi kebangsaan tersebut untuk menjaga Indonesia dari isu SARA, kebencian, fitnah dan adu domba, serta komitmen menjaga kebhinekaan Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sementara itu, tujuan strategis dari acara tersebut yakni mempertegas sikap perguruan tinggi se-Indonesia bersama civitas akademika masing-masing kampus, melawan radikalisme dan intoleransi.

Kedua, mensosialisasikan secara lebih luas di kalangan civitas akademika khususnya, dan pada masyarakat secara umum. Mengenai hal tersebut untuk secara bersama diaktualisasikan secara nyata dan konkrit, dalam kehidupan bernegara, berbangsa sosial kemasyarakatan dengan berlandaskan semangat Tri Dharma perguruan tinggi.

Aksi tersebut, untuk di Kota Jambi rencananya dipusatkan di Lapangan Arena MTQ atau Lapangan Kantor Gubernur Jambi, dengan estimasi peserta sekitar 25.000 mahasiswa se-Provinsi Jambi. Aksi diadakan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober.

Pimpinan perguruan tinggi yang hadir dalam pertemuan diantaranya Stikes Harapan Ibu, Poltekes Kemenkes, IAIN Kerinci, STAI Muara Bulian, STAI Mau’izhah, STAI An Nadwah, STIE Syariah Al Mujaddid, STIT Darul Ulum, STIE Sakti Alam Kerinci, STAI Ahsanta Jambi, Stikes Baiturrahim Jambi, STIKIP Al- Azhar Jambi, UIN STS Jambi, STIA Nusantara Sakti, STISIP NH Jamb, Akbid Amanah M. Bungo, Akper Setih Setio, STAI Ma’arif Jambi, STIA Setih Setio, STIT YPIK STAI MA’ ARIF Sarolangun. (Dicky — Jambi)

 

Kategori Lensa

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.