Puluhan Suami Isteri Ikut Itsbat Nikah

INFOJAMBI.COM — Walikota Jambi, DR H Syarif Fasha, tidak ingin lagi ada warga yang tinggal satu rumah, tapi belum menikah secara hukum positif.

Untuk itu, Pemkot Jambi menggelar itsbat nikah terpadu, di Aula Griya Mayang, Rumah Dinas Walikota Jambi, Selasa (17/10/2017). Sidang itsbat dilakukan untuk memberi kepastian hukum pada suami isteri.

Sidang itsbat diadakan terkait akta perkawinan atau akta nikah dan dokumen kependudukan. Sidang ini diikuti 61 pasangan suami isteri yang telah menikah secara Hukum Islam.

Fasha mengungkapkan, sidang itsbat dilakukan guna menyikapi fenomena yang terjadi di masyarakat. Banyak perkawinan tidak tercatat. Akibatnya, akta kelahiran anak tidak bisa diterbitkan, karena orangtua mereka tidak punya akta perkawinan.

Banyak pasangan di Kota Jambi melakukan pernikahan secara siri. Mereka tidak memenuhi syarat administrasi kependudukan. Tanpa akte pernikahan, anak-anak akan kesulitan administrasi.

Itsbat nikah itu diadakan melalui Pengadilan Agama Kota Jambi, bersama kementerian agama dan dinas kependudukan serta pencatatan sipil.

Fasha mengungkapkan, pemerintah hadir secara seksama, melayani masyarakat mewujudkan tertib administrasi kependudukan, guna memberi perlindungan dan pengakuan atas status pribadi dan hukum.

“Pelaksanaan istbat ini merupakan program pelayanan kepada masyarakat dalam mengesahkan perkawinannya, dan juga bertujuan untuk mewujudkan buku nikah, akta cerai dan kelahiran yang dilakukan dengan mudah dan cepat,” papar Fasha.

Sidang istbat nikah ini merupakan ketiga kalinya dilaksanakan di Kota Jambi. Fasha berharap kegiatan ini dimanfaatkan warga yang telah melaksanakan pernikahan, tapi belum mengurus administrasinya..

“Kedepannya, bila ditemukan pasangan belum memiliki administrasi pernikahan, Pemkot Jambi akan membuat lagi sidang itsbat.

Fasha mengharapkan tidak ada lagi pasangan muda mudi di Kota Jambi tidak memiliki akta pernikahan. Tidak ada satupun warga Kota Jambi hidup satu rumah tapi sudah melakukan pernikahan.

(Dicky — Jambi)

Kategori Agama,Kota Jambi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.