Sabtu, 20 April 2019 | 03:42

Qurban Pribadi 8 Sapi, Romi juga Minta Panitia Qurban Efektifkan Distribusi

Laporan Willy Bronson

Bupati Tanjung Jabung Timur Romi (kanan) (foto Willy)

INFOJAMBI.COM – Bupati Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) Romi meminta panitia qurban khususnya di masjid Agung Nur Addarojad yang terletak di perkantoran Bukit Menderang, Muarasabak, untuk lebih mengefektifkan distribusi qurban tahun ini. Pasalnya, Romi menyayangkan tersisanya qurban Idul Adha tahun 2017 lalu. Kejadian tersebut harus diantisipasi agar tidak terulang.

Karena itu Romi memberi arahan, sebaiknya dihitung secara akurat jumlah kebutuhan distribusi kepada yang berhak menerima. Jika seandainya jumlah penerima kurang dari perkiraan daging yang akan dibagi, Romi minta panitia segera koordinasi dengan lurah atau kades di wilayah sekitar. Supaya warga yang kebetulan tidak terakomodir di kelurahan atau desa tersebut bisa dimasukkan ke daftar calon penerima qurban di Masjid Nur Addarojad.

“Panitia hitung dengan cermat, koordinasikan dengan lurah atau kades sekitar supaya qurban yang dikelola di masjid agung bisa terdistribusi habis,”kata Romi kepada kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Taufik Hidayat di kantor bupati Selasa (21/8/2018).


Begitu juga untuk masjid – masjid lain yang kebetulan menjadi pusat pemotongan hewan qurban, Romi meminta jangan sampai daging yang dibagikan berlebih – lebihan. “Saya minta lurah dan camat bantu panitia mengkoordinir, supaya semua warga yang berhak kebagian. Tapi tentu tetap mengutamakan warga di lokasi masing – masing, kalau berlebih tidak ada salahnya over ke wilayah tetangga, intinya qurban ini kebersamaan kita, saling peduli,”kata bupati.

Tahun ini qurban di masjid Agung Nur Addarojad sedikitnya tujuh sapi. Kabag Kesra Taufik menjelaskan masing – masing seekor sapi berasal dari dinas PUPR, Ketahanan Pangan, Dinkes, Setda dan sejumlah kepala OPD secara pribadi. Sedangkan tambahan satu ekor berasal dari PT Pelindo II. “Lima dipotong di masjid Agung, dua ekor di perumahan dinas kepala OPD,”jelas Taufik.

Jumlah tersebut diperkirakan masih akan bertambah hingga malam nanti. “Biasanya selalu ada tambahan, seperti tahun kemarin hampir semua OPD menambah qurban kambing,”imbuh Taufik.

Sedangkan qurban dari bupati Romi Hariyanto secara pribadi, dijelaskan Taufik tahun ini ada delapan ekor. “Khusus yang dari pak bupati pribadi semua di sebar langsung ke masyarakat, melalui masjid – masjid yang sudah beliau tentukan,”tutup Taufik.***

Editor Wahyu Nugroho

Kategori Agama,Tanjung Jabung Timur

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.