Rahima Minta Keterpaduan PKK Ditingkatkan

ADVERTORIAL
Editor : M Asrori S

INFOJAMBI.COM – Rakor Ketua TP PKK Kecamatan se Provinsi Jambi Tahun 2018, bertujuan untuk memperkuat sinergitas Kader TP PKK menuju Jambi TUNTAS 2021, dibuka Wakil Ketua I TP PKK Provinsi Jambi, Hj. Rahima Fachrori Umar, di rumah dinas Gubernur Jambi, Selasa (18/12/2018).

Rahima minta keterpaduan TP PKK ditingkatkan, antara TP PKK Provinsi dan TP PKK Kabupaten/Kota, sekaligus TP PKK Kecmatan, dengan harapan bisa meningkatkan kinerja PKK se Provinsi Jambi.


Rakor diikuti peserta dari seluruh kecamatan se Provinsi Jambi serta OPD kabupaten/Kota terkait Pemberdayaan Masyarakat Desa guna menguatkan keselarasan program pemerintah dan PKK di daerah.

Keberadaan TP PKK sebagai mitra pemerintah semakin kuat sejalan dengan berlakunya Peraturan Presiden RI Nomor 99 Tahun 2017 yang mengamanatkan bahwa gubernur, bupati, walikota, camat, kades, dan lurah menyusun strategi penyelenggaraan gerakan PKK yang dilaksanakan secara terkoordinasi dan berjenjang sesuai kewenangan.

“Regulasi tersebut memberikan kekuatan dan peluang bagi TP PKK secara legal membangun kemitraan dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD/SKPD), agar pelaksanaan 10 program pokok PKK dapat terlaksana dengan baik dan optimal,” terang Rahima.

Rahima mengingatkan, pentingnya pelaksanaan rakor tersebut disertai dengan kesungguhan peserta untuk merelakan waktu, pikiran, dan tenaga selama satu hari mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.

“Saya berharap agar tidak ada peserta yang keluar meninggalkan acara rakor ini, sebelum seluruh kegiatan selesai dan ini sangat perlu kita lakukan untuk menambah ilmu serta keunggulan dari berbagai daerah yang ada,” ujar Rahima.

Keberhasilan TP PKK meraih berbagai prestasi, hingga tingkat nasional tidak luput mengalami berbagai kendala dan tantangan saat melaksanakan 10 Program Pokok PKK di masing-masing wilayah.

“Laporan hasil tim supervisi dan evaluasi yang saya terima, ditemukan masih banyak kondisi tim PKK Kecamatan Desa/Kelurahan yang masih belum maksimal, memahami tata kelola 10 program pokok PKK baik dalam kegiatan Pokja maupun tertib administrasi PKK serta kelembagaan,” tegas Rahima Fachrori.

Beberapa kelemahan seperti membuat format dan ukuran papan nama PKK, tidak memiliki papan 10 Program Pokok PKK, ada Tim PKK yang belum membentuk Dasawisma, termasuk ketimpangan-ketimpangan data antar jenjang juga termasuk Tim Penggerak PKK yang tidak punya data Kepala Rumah Tangga.

“Kita perlu terus memperkuatkan koordinasi, komunikasi serta menjalin sinergi sesama pengurus dan kader PKK serta memperkuatkan mitra dengan OPD terkait agar dapat menjalankan program PKK secara baik dan benar,” kata Rahima.

Berkaitan dengan dukungan Ketua TP PKK Kecamatan kepada Camat teladan dan berprestasi Tingkat Provinsi Jambi, diberikan penghargaan kepada Ketua TP PKK Kecamatan Mendahara Tanjung Jabung Timur. Ketua TP PKK Tungkal Ulu Tanjung Jabung Barat dan Ketua TP PKK Kecamatan Pasar Jambi Kota Jambi.

Selain itu, juga diberikan penghargaan kepada Ketua TP PKK Favorit, Bidang Pembinaan UMKM Tingkat Provinsi kepada TP PKK Kecamatan Rimbo Ulu Tebo, Bidang Pembinaan Keagamaan Tingkat Provinsi kepada TP PKK Kecamatan Pamenang Selatan Merangin dan Bidang Pembinaan Ketentraman dan Ketertiban Tingkat Provinsi kepada TP PKK Kecamatan Bathin II Bebeko Bungo. ( Raihan/Humasprov )

Kategori Provinsi,Wanita dan Keluarga

Tags:

1 Judul Komentar

  1. Pingback: Rahima Minta Keterpaduan PKK Ditingkatkan - www.ketapang.info

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.