Raih Juara Piala FA, Chelsea Tumbangkan MU 1-0

Laporan Bambang Subagio

Kegembiraan Pemain Chelsea setelah menjuarai Piala FA 2017-2018

INFOJAMBI.COM – Club Sepakbola Chelsea akhirnya merebut gelar juara Piala FA 2017-2018 setelah mengalahkan Manchester United 1-0, pada partai final yang berlangsung di Stadion Wembley, Sabtu (19/5/2018) atau Minggu (20/5/2018) dini hari WIB.
Dengan gelar tersebut, Chelsea sukses meraup delapan gelar Piala FA. Titel juara sebelumnya diraih pada tahun 1969-1970, 1996-1997, 1999-2000, 2006-2007, 2008-2009, 2009-2010, 2011-2012, dan 2017-2018.

Gol tunggal kemenangan Chelsea dicetak oleh Eden Hazard pada menit ke-22 melalui titik putih setelah Phil Jones melanggar Hazard di kotak terlarang. Pemain nasional Belgia itu sukses mengeksekusi penaliti sekaligus menjadi gol penentu kemenangan tim asuhan Antionio Conte.

Setelah gol tersebut, Manchester United langsung bereaksi. Pada menit tambahan babak pertama, laga yang dipimpin wasit Michael Oliver, Markus Rashford hampir mencetak gol penyeimbang. Namun, bola hasil tembakan kaki kirinya masih mampu diblok barisan pertahanan Chelsea. Hingga turun minum tak ada gol tambahan.

Memasuki paruh kedua laga yang ditonton 87 ribu lebih, Manchester United semakin agresif melancarkan serangan. Pasukan Jose Mourinho itu mendapatkan dua peluang melalui Marcus Rashford pada menit ke-56 dan Phil Jones pada menit le-63.

Tim The Blues yang musil lalu menjadi kampiun liga Inggris, akhirnya musim ini harus puas di uruan keenam liga primer. Chelsea juga gagal total di ajang Liga Champion. Di tengah ketidakpastian nasib pelatih Antonio Conte, trofi ini juga bisa menjadi kado perpisahan indah seandainya dia benar-benar berpisah dengan The Blues.

Sementara bagi Mourinho, kekalahan ini menjadi yang ketiga dari 15 final kompetisi serupa di berbagai negara dan kekalahan pertamanya di final Piala FA di Inggris.

Mantan pelatih Chelsea Ruud Gullit mengatakan masalah utama di Chelsea adalah masa depan pelatih selalu dalam keraguan di tahun kedua. Bahkan jika anda berhasil mendapatkan gelar di musim pertama, hampir pasti anda akan dipecat di musim kedua.

“Mendapatkan gelar hampir sama seperti anda menandatangani surat pengunduran diri. Anda sebaiknya langsung pergi setelah mengangkat trofi tersebut, “ ujar Gullit seperti dikutip dari tribalfootball.

Adegan mengharukan terjadi ketika kapten Chelsea Gary Cahill menerima piala FA yang diserahkan oleh Jackie Wilkins — istri mantan legenda Chelsea dan Man.United- Ray Wilkins yang wafat bulan lalu.

“Inilah cara kami untuk menyelamatkan musim, kami tidak menjalani musim yang luar biasa. Kami terbiasa menang, saya bukan bermaksud arogan,” kata Cahill, yang penampilannya akan membuatnya dilirik pelatih timnas Inggris Gareth Southgate.


Piala FA yang berhasil direbut Chelsea, setelah difinal mengalahkan Manchester United 1-0

Susunan pemain
Chelsea (3-5-2): Courtois; Azpilicueta, Cahill (c), Rudiger; Moses, Fabregas, Kante, Bakayoko, Alonso; Giroud (Morata 89), Hazard (Willian 90).
Cadangan : : Caballero, Chalobah Zappacosta, Barkley, Pedro.
Gol : Hazard, penalti menit 22
Kartu Kuning : Courtois 90
Manajer : Antonio Conte (Italia)

Man United (4-3-3): De Gea; Valencia (c), Smalling, Jones (Mata 87), Young, Herrera, Matic, Pogba; Lingard (Martial 73), Rashford (Lukaku 73), Sanchez.
Cadangan : Romero, Bailly, Darmian, McTominay.
Kartu Kuning : Jones 21, Valencia 58.
Manajer: Jose Mourinho (Portugal)

Editor Wahyu Nugroho

Kategori Olahraga

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.