Ratusan Calon Haji Asal Batanghari Disuntik

ILUSTRASI

MUARABULIAN — Persiapan Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Batanghari, Jambi, sudah masuk tahap dua. Kesiapan bidang kesehatan, berupa pemberian vaksin oleh dinas kesehatan.

Vaksin yang diberikan untuk 131 CJH Batanghari adalah miningitis dan influenza. Hal ini diakui oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Batanghari, Elfi Yennie.

“Tahap pertama kesiapan kesehatan CJH dilakukan enam bulan lalu, yakni pemeriksaan kesehatan di puskesmas. Tahap dua, pemberian vaksin miningitis dan influenza. Tahap tiga, pemeriksaan kesehatan akhir di embarkasi,” jelas Elfi.

Dinkes Batanghari juga menyiapkan beragam obat untuk selama pelaksanaan ibadah haji. Tahun ini satu Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD) akan ikut dalam rombongan CJH Batanghari. Satu orang TKHI juga ikut.

Selain pemberian vaksin, juga akan dilakukan tes kebugaran, untuk melihat CJH dengan resiko tinggi. Hasil pemeriksaan akan jadi bahan rekomendasi ke kementerian agama, yang bersangkutan bisa ikut atau tidak, karena alasan kesehatan.

Ahyar, calon jemaah haji asal Muara Bulian, mengaku sudah menyiapkan semua keperluan selama di tanah suci. “Saya menderita asam urat, untuk itu saya sudah siapkan obat dan keperluan lainnya sendiri,” katanya.

Ahyar mendaftar haji sejak 2009 dan baru bisa berangkat tahun ini. “Saya sama isteri sudah daftar haji tahun 2009, cukup lama masa tunggunya,” ujarnya. (infojambi.com)

Laporan : Raden Soehoer

 

Kategori Kesehatan

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.