Ratusan Prajurit dan Masyarakat Ikuti Salat Istiqa

PENULIS : TIM LIPUTAN
EDITOR : WAHYU NUGROHO

INFOJAMBI.COM – Kemarau panjang dan bencana asap tengah melanda beberapa wilayah di propinsi Jambi, membuat warga kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih dan juga berakibat terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) disertai kabut asap.

Untuk itu, Ratusan Prajurit jajaran Korem 042/Gapu mengikuti salat Istiqa (meminta hujan) yang dilaksanakan oleh Polda Jambi. Salat turut pula diikuti oleh unsur Forkopimda dan masyarakat, Selasa (17/9/2019) pagi.

Tampak Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis, AS, MH, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Kasrem 042/Gapu Letkol Arh Hary Sassono Utomo,S.H, Kapolresta Kombes Pol Dover, Ka BIN daerah Jambi Brigjen Dul Alim, Wakil Wali Kota Jambi Maulana, Kasdim 0415/Batanghari dan para pejabat utama Polda Jambi serta para Kapolres.

Dalam sambutannya, Kapolda berharap seluruh jemaah shalat Istisqo meminta ampun akan kesalahan dan dosa yang selama ini dilakukan. Kapolda memaparkan segala upaya yang telah dilakukan dalam memadamkan kebakaran hutan dan lahan.

“Semua adalah kuasa Allah. Sehebat apapun yang kita lakukan namun ada keterbatasan yang kita miliki. Sebagai manusia, manusia sendiri ada, baik itu keterbatasan sumber peralatan dan yang penting ada keterbatasan sumber dana dalam mendukung kegiatan operasi ini,” ujarnya.

“Sebagai manusia biasa dengan segala upaya dilakukan, dengan segala kemampuan yang kita miliki dan dengan segala keterbatasan kita, ternyata tidak mampu melawan kehendak Allah.”

“Hari ini sebagai umatnya yang sangat kecil di hadapan Allah, kita berharap segera mendapat anugrah diturunkan hujan sehingga nanti kita bisa terhindar daripada kebakaran hutan yang terus meluas,” harap Kapolda.

Sekali lagi, Kapolda meminta semua jemaah untuk intropeksi diri. “Introspeksi diri kembali, bilamana kita banyak melakukan kesalahan, karena kita sebagai manusia biasa terkadang berbuat kesalahan.”

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, doa kita diterima dan pada hakekatnya untuk menaikkan derajat martabat kita, di mana kita dapat bersabar menghadapi cobaan ini. Sehingga kita mendapat anugerah terbebas dari kebakaran hutan,” tutup Kapolda.

Pimpinan Ponpes Asshidiqqi, Saiqon Hadi menjadi imam shalat Istisqo sekaligus memberikan ceramah yang dilaksanakan di lapangan Mapolda Jambi.

Komandan Korem 042/Gapu melalui Kasrem Letkol Arh Hary Sassono Utomo,S.H saat usai sholat istisqa menuturkan, kegiatan yang dilakukan bersama Polda Jambi sebagai upaya dalam rangka membantu pencegahan Karhutla di wilayah Jambi. Pasalnya sudah kurang lebih satu bulan ini belum ada hujan dan ada beberapa titik api di beberapa daerah Jambi, khususnya kebakaran di Muaro Jambi dan Tanjab Timur sudah enam hari belum bisa padam dengan berbagai upaya telah dilakukan.

“Dengan dilaksanakan salat istisqa’ dalam rangka meminta turunnya hujan, karena kebakaran yang besar hanya Kuasa Tuhan lah yang bisa memadamkan kebakaran itu semua,” kata Kasrem

Kasrem juga mengatakan, dampak dari musim kemarau telah dirasakan semua masyarakat. Ketersediaan air mulai menipis dan lahan petani sudah mulai kekeringan, serta kebakaran hutan dan lahan yang terjadi makin luas dan susah untuk dipadamkan.

“Kita memohon kepada Allah SWT agar diturunkan hujan, agar kekeringan dan kebakaran hutan dan lahan yang menimbulkan kabut asap segera berakhir,” ujarnya. (penrem042gapu)

Kategori Agama

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.