Jumat, 20 Oktober 2017 | 17:25

Ratusan Warga Kualatungkal Ikut Apel Cinta Damai

Amir Sakib menandatangani nota kesepahaman || raini
Amir Sakib menandatangani nota kesepahaman || raini

KUALATUNGKAL — Sebagai rasa cinta terhadap tanah air dan negara, Polres Tanjabbar mengadakan Apel Besar Kebhinekaan Cinta Damai, di halaman Kantor Bupati Tanjabbar, Selasa (15/11).

Apel dipimpin oleh Wakil Bupati Tanjabbar, H. Amir Sakib. Selain itu juga hadir Forkompinda, TNI, Polri, PNS, tokoh agama, pemuda, mahasiswa dan pelajar.

Wakil Bupati Amir Sakib mengatakan, tujuan diselenggarakan apel ini untuk memperkokoh kebersamaan dalam membangun dan mempertahankan NKRI. Seluruh elemen masyarakat diajak ikut serta.

“Marilah kita ikrarkan semangat dan komitmen menjaga kebhinekaan di Tanjabbar. Jangan sia-siakan perjuangan para pahlawan,” kata Bupati Tanjabbar dalam sambutan tertulisnya.

Sementara itu, Kapolres Tanjabbar, AKBP Agus Sumartono, mengharapkan kerjasama yang baik dengan TNI, pemerintah daerah dan masyarakat terus terjalin. Polri akan menjaga kenyamanan dan keamanan di Tanjabbar.

“Tantangan kita semakin kompleks. Salah satu cara menghadapi tantangan itu adalah terus menjaga sinergitas antara TNI-Polri. Personel Polri dan TNI harus selalu bahu membahu menjaga keutuhan negara,” ujar Agus.

Dalam apel besar ini dilakukan pengucapan ikrar kesepakatan bersama menjaga kebhinekaan, dilanjutkan dengan penandatangganan nota kesepahaman.

Adapun butir ikrar tersebut adalah :
1. Setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UU 1945.
2. Menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI, menghormati keberagaman suku, agama, ras, budaya dan siap bersama-sama menjunjung tinggi kesatuan dalam kebhinekaan.
3. Mengamalkan sikap prinsip toleran dan menjaga kerukunan untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang aman, tertib dan adil.
4. Menolak segala bentuk gerakan anarkisme dan radikalisme yang ingin memecah belah persatuan bangsa dan mengadu domba dengan provokasi SARA.
5. Menjunjung tinggi ketentuan hukum yang berlaku di negara kesatuan Republik Indonesia. Dan ‎marilah kita secara bersama jaga keutuhan negara melalui kebersamaan. (infojambi.com/D)

Laporan : Raini

Kategori Tanjabbar

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.