Ratusan Warga SAD Bakal Ikut Nyoblos

Laporan Jefrizal

Warga SAD di Merangin, Jambi.

INFOJAMBI.COM — Pesta demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Merangin akan berlangsung merata. Warga Suku Anak Dalam (SAD) di daerah itu dipastikan akan ikut memberikan hak suaranya.

Berdasarkan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Merangin, ada 300 kepala keluarga (KK) warga SAD berdomisili di Merangin. Jika dikalikan dua atau tiga, maka jumlahnya mencapai 800-an orang.

Meski jumlah pemilih dari warga SAD lumayan besar, sebagian warga SAD belum terdata oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Contoh, 25 KK warga SAD di Desa Mentawak, belum didatangi PPK.

Warga SAD Desa Mentawak mengaku sudah lama memiliki KK. Namun dalam pilkada Kabupaten Merangin ini tidak satupun PPK yang datang mendata mereka.

“Kami belum pernah didatangi oleh panitia pemilihan, dari kecamatan maupun desa, padahal kami punya KK,” kata Temenggung Jon, Kamis (22/2/2018).

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Merangin, Jailani, mengakui banyak warga SAD daerah itu sudah mempunyai KK. Ada 300 KK yang sudah dikeluarkan untuk warga SAD.

Jailani menjelaskan, bagi warga SAD yang belum memiliki KTP, tapi sudah punya KK, akan dibuatkan surat keterangan agar bisa ikut serta dalam pilkada nanti.

“Nanti yang belum ada KTP akan kami buatkan surat keterangan, menjelang KTP-nya keluar. Mudah-mudahan seluruh warga SAD di Merangin ikut berpartisipasi menyukseskan Pilkada Merangin,” kata Jailani. ***

Editor : Dodik

 

Kategori Politik

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.