KPID Harus Jewer Lembaga Penyiaran yang Nakal…

INFOJAMBI.COM – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Jambi menggelar kegiatan sosialisasi Pedomah Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) kepada lembaga penyiaran (LP) yang ada di Provinsi Jambi. Acara yang dibuka secara langsung oleh Sekda Provinsi Jambi Sudirman bertempat di Golden Harvest, Jumat (24/12).

Hadir sebagai peserta sekitar 50 lembaga penyiaran di Provinsi Jambi dari televisi dan radio penyiaran publik, serta televisi dan radio swasta.

Sudirman saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara secara resmi mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan KPID. “Kegiatan ini sangat penting dilakukan KPID karena salah satu fungsinya untuk mengawasi isi siaran. Nah ini perlu diawasi terutama isi siaran yang harus beretika, karena penyiaran adalah milik publik,” ujar Sudirman.

Ke depan, Sudirman berharap KPID dan lembaga penyiaran selalu bersibergi dengan baik, sehingga siaran yang ditampilkan bisa bersifat menghibur dan mengedukasi,” ujarnya.

Ketua KPID Jambi Joni dalam pembukaan sekaligus memberikan materi P3PS menekankan kepada Lembaga Penyiaran mempunyai filter sendiri saat memproduksi dan menayangkan konten siaran. “Kita berharap lembaga penyiaran bisa memfilter sendiri sebelum menayangkan isi siaran,” ujarnya.

Komisioner dua periode ini mengharapkan lembaga penyiaran mematuhi P3SPS. “Saya yakin lembaga penyiaran sudah tahu betul, sudah sangat memahami tentang P3SPS. Kami komisioner siap berdiskusi, dialog sama-sama memahami P3SPS dab Undang-undang penyiaran,” terangnya.

Pada kesempatan ini, Joni menekankan kepada lembaga penyiaran untuk lebih selektif dalam menyiarkan program siaran terutama frime time, ketika anak-anak menonton, kalau tidak di filter maka akan mempengaruhi moral anak-anak, misalnya ada adegan-adegan untuk dikosumsi orang dewasa,” ujar Joni lagi.

Kepala Biro Inews TV Jambi, Mursyid Sonsang memberikan apresiasi yang positif acara yang digagas KPID Provinsi di tengah serbuan medsos yang sangat dahsyat. ” Media media mainstrem ada yang mengawasi, kalau medsos itu liar dan bebas serta brutal. Ini harus menjadi perhatian kita semua, ” jelas Ketua IKAL ( Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas) Provinsi Jambi ini.

Dari pengamatan wartawan senior ini selama ini KPID Jambi sudah menjalankan tugasnya dengan baik. ” KPID bisa bersinergi baik dengan lembaga penyiaran yang ada di Provinsi Jambi. Kalau ada lembaga penyiaran yang nakal dikit, bolehlah dijewer,” tambahnya. **PM**

Kategori Provinsi

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.